Home OKU RAYA Tergerus Longsor, Akses Jalan Jalur Komering di OKU Timur Nyaris Putus

Tergerus Longsor, Akses Jalan Jalur Komering di OKU Timur Nyaris Putus

347
0
SHARE
Ketua Fraksi Keadilan Pembangunan DPRD OKU Timur, Rafelta Tuska Putra meninjau jalan provinsi yang terletak di Desa Harisan Jaya, Kecamatan Cempaka, OKU Timur yang mengalami longsor hampir separoh badan jalan akibat terkikis sungai komering, Senin (20/1/2020). Foto : Suaraokuraya.co.id

OKU Timur, SOR – Akses lalu lintas yang menghubungkan antar desa di jalur komering di Desa Harisan Jaya, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur nyaris putus. Kendaraan yang melintas harus antri, pasalnya hampir separuh badan jalan terkena longsor.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa longsornya badan jalan provinsi tersebut terjadi akibat hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Kecamatan Cempaka beberap waktu lalu. Derasnya hujan serta faktor tanah yang labil menyebabkan badan jalan sepanjang hampir lebih 10 meter longsor.

“Kikisan maupun gerusan air terutama saat musim hujan membuat semakin panjangnya badan jalan yang longsor. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan berbahaya. Karena pengendara bisa terjebak, terlebih lokasi longsor tepat berada di tikungan maupun pengkolan,” ungkap Ketua Fraksi Keadilan Pembangunan, DPRD OKU Timur Rafelta Tuska Putra S.Pt,  Selasa (21/01/2020)

Ditambahkannya, jika jalan tersebut sampai putus, pengguna jalan akan menempuh perjalanan semakin panjang karena harus melalui Tugu Mulyo OKI maupun Jalintim dan Baturaja OKU. Sehingga perlu segera dilakukan penanganan secara cepat jika tidak sudah dipastikan badan jalan akan putus.

“Kita khawatir badan jalan putus jika lamban diperbaiki. Sementara jalan provinsi di jalur Komering ini hanya satu satunya sedangkan jalan alternatif tidak ada. Dinas PU kabupaten sudah mengetahui. Sekarang sedang disulkan ke PU provinsi agar segera diperbaiki karena ini sangat mendesak,” tambahnya.

Politikus PKS ini juga menjelaskan, dikhawatirkan ketika pengemudi melintas dimalam hari, sehingga anggota karang taruna desa setempat secara bergantian menjaga di lokasi longsor untuk memberitahu pengemudi agar berhati-hati.

“Mudah mudan segera ditindaklanjuti dan diperbaiki. Selain itu, perbaikan jalan yang longsor juga akan diusulkan untuk pelebaran jalan. Karena sekarang volume kendaraan yang melintas di jalur ini cukup ramai sehingga perlu dilakukan pelebaran jalan,” jelasnya. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here