Home BERITA SUMSEL Proyek Drainase Diduga Asal Jadi, Kades Trantang Sakti Enggan Menjawab

Proyek Drainase Diduga Asal Jadi, Kades Trantang Sakti Enggan Menjawab

97
0
SHARE

OKU Timur – Proyek Pembangunan drainase senilai Rp 111.926.550,- yang bersumber dari Dana Desa (DD), di Desa Pagang Asri, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten OKU Timur diduga dikerjakan asal jadi.

Pantauan dilapangan, pekerjaan pembanguan drainase belum selesai, penyusnana batubatapun amburadul tidak merata disemen, bahkan dibeberapa titik hanya ditimbun menggunakan tanah.

Mengacu pada volume pekerjaan yang terpampang papan informasi, 0’5 x 0,8 x 0,7 x 206 M, namun implementasi pada bangunan drainase sangat tidak sesuai. Sehingga terlihat jelas adanya dugaan rekayasa volume dengan menarik up anggaran.

Akibatnya, setelah drainase dianggap selesai, belum bisa dimanfaatkan oleh warga. Apalagi diujung lokasi pekerjaan ditimbun pakai tanah, sehingga air tidak sepenuhnya bisa mengaliri sawah.

Proyek yang baru seumur jagung tersebut dikeluhkan masyarakat, karena proses pembangunan juga diduga tidak sesuai prosedur.

Salah satu warga setempat yang enggan disebut namanya mengatakan, bangunan drainase asal jadi. Ini dilihat dari bangunan yang ada, batu bata tidak disemen dibeberapa titik dan ini cepat rusak atau bahkan roboh jika terus terusan terkena air.

“Ya bangun yang benarlah, agar bisa bermanfaat bagi warga. Jangan seperti ini, ada yang disen ada yang tidak, dan ditimbun pakai tanah,” katanya.

“Kita sudah kumpulkan semua bahan maupun data terkait proyek tersebut. Dalam waktu dekat laporan pengaduan akan kita teruskan ke stakeholder terkait maupun ke pihak penegak hukum,” ujarnya.

Sementara, saat dikonfirmasi via Whatapps, Kepala Desa Pahang Asri Hendri enggan memberikan tanggapan. “Sebelum bapak kasih tahu siapa masyarakat saya yang melaporkan ke bapak, saya tidak memberikan jawaban terkait pembangunan siring tersebut. Jadi saya harus tau dulu,” ujarnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here