Home ADVERTORIAL Paparkan Visi Misi di DPRD, Bupati OKU Timur Ajak Semua Pihak Dukung...

Paparkan Visi Misi di DPRD, Bupati OKU Timur Ajak Semua Pihak Dukung dan Sukseskan Rencana Pembangunan

212
0
SHARE
Bupati OKU Timur Lanosin saat memaparkan Visi Misi OKU Timur Maju Lebih Mulia dihadapan Anggota DPRD Kabupaten OKU Timur.

OKU Timur, SOR – Dihadapan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU Timur, Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur periode 2021-2026 menyampaikan Visi dan Misinya untuk memimpin Pemerintahan Kabupaten OKU Timur dalam 5 tahun kedepan.

Visi dan misi tersebut, dibacakan langsung oleh Bupati OKU Timur Lanosin, pada Rapat Paripurna Ke – XVIII DPRD OKU Timur Masa Sidang 2 dalam Rangka Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Memori Serah Terima Jabatan Serta Penyampaian Pidato Sambutan Bupati OKU Timur, Senin (8/3/2021) di Gedung Paripurna DPRD OKU Timur.

“Sebagaimana diketahui bersama, Kami, H. Lanosin, S.T dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha telah memaparkan visi dan misi sebagai bagian dari rangkaian Pilkada Serentak pada tahun 2020 yang lalu. Tema visi yang Kami sampaikan untuk lebih kurang empat tahun ke depan adalah Terwujudnya Kabupaten OKU TIMUR Yang Maju Lebih Mulia,” ujar Lanosin saat membaca pidato visi misinya untuk 5 tahun kedepan.

Pada visi tersebut, yang dimaksud “Kabupaten OKU TIMUR Yang Maju” adalah kabupaten yang memiliki kemampuan nyata di segala bidang dimana Pemerintah Daerah memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan, baik ekonomi, sosial, budaya, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan keamanan, yang sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan aspirasi masyarakat.

Sementara itu, yang dimaksud “Kabupaten OKU TIMUR Lebih Mulia” adalah kabupaten yang masyarakatnya memiliki akhlak yang baik, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, norma. dan hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, teknologi, dan seni, sehingga diharapkan terwujudnya kemandirian masyarakat dan nilai-nilai tertentu dalam kehidupan masyarakat, terutama keadilan, persamaan, kebebasan dan kemajemukan atau pluralisme, serta hidup dengan penuh kedamaian.

Dikatakan bupati, untuk mencapai visi Kabupaten OKU TIMUR Tahun 2021 — 2024 tersebut, dirinya bersama HM Adi ugraha Purna Yudha telah memiliki 8 butir misi yang akan diupayakan terwujud untuk kemajuan dan kemuliaan masyarakat Kabupaten OKU Timur, yakni :

1. Meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalisme aparatur pemerintah daerah yang efektif, efisien, bersih, akuntabel, dan demokratis dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Misi ini diletakkan sebagai dasar dan pondasi untuk mendukung misi-misi lainnya, karena jalannya roda pembangunan Kabupaten OKU Timur akan ditentukan dari tata kelola pemerintahan yang baik.

2. Meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur daerah yang berkualitas, adil dan merata. Hal ini penting untuk menunjang penyelenggaraan roda pemerintahan yang baik, menunjang penyediaan layanan publik yang efektif dan efisien, serta mendukung kelancaran aktivitas masyarakat.

3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Hal ini amat penting untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten OKU Timur. Peningkatan kualitas pendidikan juga merupakan salah satu amanat Undang-undang Dasar Tahun 1945 yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Hal ini amat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten OKU Timur, dan juga merupakan salah satu amanat Undang-undang Dasar Tahun 1945, dimana setiap orang berhak untuk hidup sejahtera lahir dan batin, mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

5. Meningkatkan perekonomian daerah yang berbasis pada pendirian Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD Pangan sehingga menyerap sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

6. Meningkatkan stabilitas keamanan dan ketenteraman masyarakat bersinergi dengan pihak Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI dan Masyarakat dalam rangka mendorong terciptanya pertumbuhan perekonomian daerah dan masyarakat.

7. Meningkatkan program sosial untuk misi amat penting karena menurunkan angka kemiskinan.

8. Memfasilitasi lembaga bantuan hukum yang dapat mengadvokasi dan membantu persoalan hukum masyarakat.

Untuk mencapai tujuan pembangunan, ujar Bupati, tentunya dibutuhkan kerja keras, sinergitas dan kerja sama dari semua pihak, baik eksekutif, legislatif, unsur Forkopimda serta masyarakat luas, termasuk juga harmonisasi dan sinkronisasi program pembangunan dengan pemerintah pusat maupun pemerintah propinsi.

“Oleh karena itu, di hadapan rapat paripurna DPRD Kabupaten OKU Timur yang terhormat ini, izinkan kami menyampaikan permohonan dan harapan kepada semua pihak agar dapat mendukung serta mensukseskan rencana program pembangunan yang kami susun. Kami akan berupaya maksimal agar tongkat estafet kepemimpinan di Kabupaten OKU TIMUR ini, akan dapat dilanjutkan dengan capaian dan keberhasilan yang lebih baik,” ujarnya.

Pada pidato itu, Bupati OKU Timur juga menyebutkan agenda penting Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam waktu dekat, yakni dengan dipercayanya Kabupaten OKU Timur sebagai tuan rumah STQ tingkat propinsi, penyelenggara Pekan Olahraga provinsi atau Porprov Tahun 2021 dimana Kabupaten OKU TIMUR menjadi tuan rumah bersama dengan Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Selatan.

“Dari berbagai uraian rencana program kerja yang akan dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten OKU TIMUR, tentunya dibutuhkan sumber pembiayaan yang memadai. Hal ini tidak akan dapat terealisasi dengan baik apabila hanya bersandar kepada kemampuan keuangan daerah saat ini. Untuk itu, kami mengajak kepada semua pihak agar melakukan upaya extra ordinary dalam menggali berbagai potensi sumber pendanaan pembangunan,” katanya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here