Home BERITA SUMSEL Kepemimpinan Enos di OKU Timur, Infrastruktur Jalan Memadai Picu Pertumbuhan Ekonomi

Kepemimpinan Enos di OKU Timur, Infrastruktur Jalan Memadai Picu Pertumbuhan Ekonomi

141
0
SHARE
FOTO : Bupati OKU Timur, Lanosin didampingi Kadis PUTR Aldi Gurlanda, saat meninjau ruas jalan Taman Mulyo - Mujo Rahayu, Semendawai Suku III, yang akan dilakukan perbaikan serta pengerasan cor beton. (Ist)

OKU Timur, SOR – Meski baru menjadi kepala daerah seumur jagung, tepatnya 1 tahun 7 bulan, dibawah kepemimpinan Bupati Lanosin perkembangan Kabupaten OKU Timur sangat pesat. Banyak capaian-capaian yang membuat daerah lumbung pangan ini semakin dikenal.

Gebrakan dan terobosan yang dilakukan untuk menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia sangat gencar dilakukan melalui pendekatan-pendekatan yang modern dan humanis dengan berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat.

Program pembangunan infrastruktur jalan, yang beberapa tahun kebelakang kerap mendapat sorotan tajam dari berbagai elemen masyarakat karena tidak pernah tersentuh dan kurang mendapat perhatian serius, perlahan mulai dibangun dan diperbaiki pada masa kepemimpinan Bupati Lanosin.

Melalui komunikasi dan koordinasi yang terbangun dengan baik ke Pemerintah Propinvis Sumsel, Pemerintah Kabupaten OKU Timur mendapatkan bantuan yang cukup besar dalam membangun infrastruktur jalan. Dampaknya, jalan provinsi yang melintasi Kabupaten OKU Timur yang sudah sejak lama rusak parah dan mendapat kritikan, kini kondisinya sangat mulus dan nyaman digunakan oleh pengguna jalan.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah provinsi Sumsel dibawah kepemimpinan Herman Deru, demi menciptakan infrastruktur jalan provinsi yang mulus dan layak di seluruh kabupaten/kota, salah satunya Kabupaten OKU Timur terus menggelontorkan dana untuk peningkatan dan rehab jalan. Bahkan, hingga saat ini peningkatan, pelebaran dan rehab jalan milik propinsi yang melintas di OKU Timur terus dilakukan.

Selain itu, untuk membuat infrastruktur yang memadai sehingga mendorong meningkatnya produktifitas masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten OKU Timur, Gubernur Sumsel Herman Deru pada tahun 2020 menggelontorkan bantuan ke Pemkab OKU Timur Sebesar Rp 76.968.925.000 dan bantuan dilanjutkan dengan bantuan pada tahun 2021 sebesar Rp 269 miliar yang bersumber dari APBD, untuk menyempurnakan pembangunan infrastruktur seperti perbaikan sejumlah ruas jalan, jembatan dan infrastruktur pendukung lainnya.

Pemkab OKU Timur pun, melalui tangan dingin Bupati Lanosin yang akrap disapa Bang Enos, dimana panjang jalan milik kabupaten OKU Timur 1.998 KM menjadi skala prioritas untuk dilakukan peningkatan maupun rehab. Sehingga pada tahun 2022, kemantapan jalan milik kabupaten sudah terealisasi 76 persen. Artinya sepanjang 1.518 KM jalan milik kabupaten OKU timur sudah dalam kondisi layak dan baik. Tidak hanya infrastruktur jalan, pembangunan dan perbaikan jembatan pun dilakukan secara berkelanjutan dan prioritas.

Hasil kerja keras Bupati OKU Timur Lanosin, dalam menciptakan infrastruktur jalan yang layak dan memadai itu, memicu pertumbuhan ekonomi yang cukup memuaskan di daerah lumbang pangan Sumsel ini.

pembangunan infrastruktur yang merata yang dilakukan Pemkab OKU Timur membantu mendorong nilai pengeluaran pemerintah dan pembentukan modal tetap bruto. Nilai PDRB OKU Timur selama periode tahun 2017 sampai dengan 2021 menunjukkan peningkatan hingga mencapai Rp 15 miliar.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah salah satu perangkat data ekonomi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan ekonomi suatu wilayah provinsi maupun kabupaten dan kota.

Sumber : BPS OKU Timur

Kebijakan Pemerintah Provisin Sumsel dan Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam pembangunannya infrastruktur menuai apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat.

“Baru beberapa tahun ini, jalan bagus semua. Dulu dari Martapura ke Belitang, Martapura ke Petanggan, atau Martapura ke Cempaka, atau sebaliknya butuh waktu yang cukup lama. Namun sekarang hanya 1-2 jam saja. Bahkan mau ke Palembang saja sangat cepat 3-4 jam jalannya bagus semua. Sangat apresiasi,” kata Nurwanto, salah satu sopir pengangkut hasil bumi.

Hal senada dikatakan, Samsul, Salah satu warga Belitang. Menurutnya, tidak hanya jalan milik provinsi saja yang mulus, jalan penghubung antara desa dan jalan poros kecamatan juga sangat baik dan layak untuk dilalui.

“Jangan lihat yang jalan BK saja, memang mulus. Jalan masuk ke dalam dalam ini juga sudah banyak yang layak untuk dilalui. Meskipun masih ada yang rusak tapi tidak banyak, masih bisa dilalui. Jalan yang rusak ini secepatnya diperbaiki. Memang pembangunan cukup gencar ini baik untuk mendorong perekonomian,” ucapnya.

Menangggapi pesatnya pembangunan infrastruktur di OKU Timur, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPTR) OKU Timur, Aldi Gurlanda mengatakan, Pemerintah Kabupaten OKU Timur saat ini memprioritaskan ruas jalan desa yang terkoneksi ke jalan kabupaten dan provinsi.

“Ruas jalan itu menjadi skala prioritas pak Bupati. Seperti ruas jalan Batumarta terkoneksi ke jalan Simpang Kepuh. Ruas jalan KTM terkoneksi ke jalan Betung Petanggan – Sumber Jaya – jalan nasional lintas timur,” katanya.

“Selain itu, untuk jembatan dan normalisasi juga akan selalu kita prioritaskan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dari sektor transportasi angkut hasil pertanian dan lumbung pangan nasional,” pungkasnya. (Adv/IKM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here