Home BERITA SUMSEL Hari Terakhir Tes Wawancara PPK, Anggota Bawaslu OKU Timur Kemana ?

Hari Terakhir Tes Wawancara PPK, Anggota Bawaslu OKU Timur Kemana ?

139
0
SHARE
Calon anggota PPK yang akan mengikuti tes wawancara.

OKU Timur, SOR – Hari ini, Selasa (13/12/2022) pelaksanaan tes wawancara dalam penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU OKU Timur akan berakhir.

Sebanyak 95 calon anggota PPK yang berasal dari enam kecamatan, Belitang III, Buay Madang Timur, Jayapura, Buay Pemuka Peliung, Madang Suku III dan Belitang Mulya masih menjalani proses wawancara.

Pantauan dilapangan, dari pagi hingga berita ini diturunkan, pada saat hari ketiga yang merupakan hari terakhir seleksi tes wawancara PPK, tidak nampak Anggota Bawaslu yang hadir memantau pelaksanaan tes wawancara, hanya terlihat seorang staf.

Menariknya, justru pengawasan tes wawancara PPK dilakukan oleh Panwascam Belitang III serta Panwascam Martapura yang bukan daerahnya mengikuti pelaksanaan tes.

Dikutip dari laman berita bawaslu go.id, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menegaskan dalam mengawasi tahapan Pemilu Serentak 2024 Bawaslu akan bersikap dan bertindak proaktif dalam menjalankan agenda kegiatan pengawasan pemilu, serta responsif terhadap laporan dugaan pelanggaran pemilu.

Saat dikonfirmasi via saluran telepon, Anggota Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron mengatakan, pengawasan terkait pelaksanaan tes wawancara PPK yang dilakukan oh KPU OKU Timur akan tetap dilakukan.

“Siang ini, saya secara pribadi karena rasa tanggung jawab menjadi Divisi SDM di Bawaslu OKU Timur akan memantau pelaksanaan tersebut, untuk memastikan proses seleksi sesuai dengan peraturan yang ada,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai anggota Bawaslu yang salah satu tugasnya mengawasi tahapan Pemilu, meskipun tidak ada instruksi secara khusus dari lembaga, dan tidak ada konfirmasi serta komunikasi dari Anggota Bawaslu OKU Timur lainnya, terkait pengawasan pelaksanaan tes PPK, dirinya akan memantau hingga pelaksanaan tes berakhir.

“Ini memang tugas yang diamanatkan oleh undang undang, saya akan awasi sehingga seleksi pelaksanaan tes wawancara PPK berjalan sesuai dengan peraturan, sehingga bisa menghasilkan penyelengara pemilu yang berkualitas,” imbuhnya.

Sementara, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yuliansyah, mengatakan, seleksi tes wawancara pada hari akhir diikuti oleh calon anggota PPK dari enam kecamatan.

“Setalah tes wawancara, selanjutnya akan dilakukan pleno, untuk menetapkan PPK terpilih. Penetapan akan dilakukan antara tanggal 14 – 16 Desember. Nanti akan diumumkan secara terbuka,” pungkasnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here