Home BERITA SUMSEL DPRD Gelar Paripurna HUT ke-19 Kabupaten OKU Timur

DPRD Gelar Paripurna HUT ke-19 Kabupaten OKU Timur

21
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU Timur menggelar sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-19 tahun, Kamis (19/1/2023), di Gedung Rapat Paripurna.

Sidang paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Timur, Beni Defitson dan banyak harapan terhadap capaian kinerja Pemerintah Kabupaten OKU Timur serta ucapan apresiasi dan terima kasih kepada Panitia Pembentukan dan Pemekaran OKU Timur.

“Seyogyanya peringatan Hari Jadi kabupaten OKU Timur dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Januari, namun karena ada radiogram dari Kemendagri, dihari yang sama ada Rakor Kepala Daerah dan Forkompimda seluruh Indonesia, di Sentul, Jawa Barat, sehingga peringatan dimundurkan pada hari ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, dalam momentum memperingati Hari Jadi Kabupaten OKU Timur yang ke-19 tahun ini, kami atas nama pemerintah sebelumnya, memberikan penghargaan setinggi – tingginya, apresiasi yang sangat luar biasa, kepada para panitia persiapan pembetukan pemekaran OKU Timur, yang telah sangat berjasa dalam mempersiapkan, memperjuangkan, dan ikut serta membangun Kabupaten OKU Timur.

“Ucapan yang sama juga, kami sampaikan kepada masyarakat OKU Timur yang juga turut serta secara aktif mewarnai perubahan dan kemajuandinBumo Sebiduk Sehaluan ini,” katanya.

Perubahan-Perubahan ke arah kemajuan di Kabupaten, Kecamatan dan desa – desa di Kabupaten OKU Timur semakin terlihat dan dirasakan jauh lebih baik. Hal ini merupakan salah satu positif atas komitmen dan regulasi dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan, dan berlakunya UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Sekarang, desa desa di OKU Timur semakin berkembang maju, terlihat dari aktivitas sosial perekonomian masyarakat yang semakin menggeliat padat, maju lebih pesat, sehingga menempatkan posisi Kabupaten OKU Timur sebagai salah satu kabupaten dengan angka kemiskinan terendah di Sumatera Selatan,” imbuhnya.

Selain itu, sektor pertanian merupakan sektor utama yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian, sehingga Kabupaten OKU Timur menjadi salah satu lumbung pangan nasional. Dengan produksi gabah kering giling pada tahun 2021 mencapai 558.995 ton, dengan luas panen mencapai 97.751 hektar.

Kabupaten OKU Timur juga meraih prestasi, peringkat IV kabupaten dengan peningkatan produksi padi tertinggi di Indonesia dari Kementerian Pertanian. Dikuti juga sektor perikanan, dimana Kabupaten OKU Timur telah ditetapkan sebagai daerah percontohan kampung patin, dengan produksi perikanan (tangkap dan budidaya) sebesar 50.239,22 ton.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur sebagai pemangku jabatan bersama dengan segenap masyarakat, sudah banyak mengalami dan menghadapi perubahan berbagai dinamika permasalahan dalam membangun OKU Timur. Pemerintah daerah serta seluruh pemangku dituntut agar terus bersinergi, bekerja keras, bekerjasama, komitmen serta konsistenmalaksanakan agenda – agenda pembangunan.

“Inilah wujud nyata kita, dalam meneruskan tujuan dan cita – cita padat tokoh pembetukan, pemekaran OKU Timur, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing masing. Maka inshaAllah visi Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia akan terwujud,” katanya.

Bupati OKU Timur, Lanosin mengatakan, diusianya yang terbilang sangat muda Kabupaten OKU Timur telah banyak meraih prestasi dan penghargaan, tentunya capaian itu akan terus dipertahankan ditingkatkan.

Berbagai program pembangunan yang dicanangkan untuk mewujudkan kabupaten OKU Timur yang maju lebih mulia. Pada tahun 2022, pembangunan yang pro rakyat yang sudah dilakukan antara lain ; pemerataan jaringan infrastruktru dan jembatan, peningkatan jaringan air bersih dan listrik pembangunan awal jaringan gas untuk rumah tangga, peningkatan kualitas SDM dan peningkatan akses layanan kesehatan, penguatan bantuan sosial dan jaringan pengaman sosial, intensifikasi pertanian, penguatan ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pertanian.

“Keberhasilan OKU Timur tercermin dari data BPS, dimana pada tahun 2022 Kabupaten OKU Timur menempati urutan kedua angka kemiskinan terendah kabupaten di Sumatera Selatan, Indek Pembangunan Manusia OKU Timur menempati urutan kelima tertinggi di kabupaten/kota Sumatera Selatan, serta pertumbuhan ekonomi OKU Timur diatas rata rata pertumbuhan ekonomi nasional. Kita berharap pertumbuhan ekonomi akan terus berlanjut,” katanya.

Selain itu, Kabupaten OKU Timur meraih berbagai penghargaan diantaranya sebagai Kabupaten Layak Anak Peringakt Nindya Tahun 2022, Penuntasan penurunan angka stuntingtahun 2022, Anugerah kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI, Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut – turut, Penghargaan pembangunan daerah dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas atas perencanaan dan pencapaian daerah tingkat kabupaten.

“Di tahun 2023 ini, ada beberapa agenda pembanguan yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU Timur, diantaranya memperkuat sektor pertanian dan sektor pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ditengah ancaman resesi dan inflasi, meningkatkan kualitas infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan untuk menembus satu digit untuk mempercepat menghapus kemiskinan yang ekstrem, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta meningkatan tata kelola pemerintahan,” katanya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, kami ucapakan terima kasih kepada bapak Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, yang sudah memberikan bantuan penguatan pembiayaan pembangunan,” ucapnya.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam arahannya mengakui keberhasilan Kabupaten OKU Timur. Hal ini terbukti dengan banyaknya raihan prestasi dan penghargaan Kabupaten OKU Timur.

HD menyampaikan bahwa hal penting dalam menjalankan pemerintahan dan memajukan daerah selain financial dan regulasi yaitu semangat dalam berkeinginan untuk maju.

Menanggapi keluhan masyarakat tentang harga pangan pokok yang mahal, HD memberikan arahan agar Pemkab OKU Timur segera mensosialisasikan serta mengajak masyarakatnya untuk menerapkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang akan menjadi salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan harga bahan pokok.

Hadir pada sidang paripurna tersebut, Gubernur Sumatera Herman Deru, Bupati OKU Timur Lanosin, Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha, Sekda OKU Timur Jumadi, Puluhan Kepala OPD Propinsi Sumatera Selatan, Forkompinda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta ratusan tamu undangan lainnya. (Ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here