Home BERITA SUMSEL 16 PKD Kecamatan Martapura Dilantik, Ini Harapan Ketua Bawaslu OKU Timur

16 PKD Kecamatan Martapura Dilantik, Ini Harapan Ketua Bawaslu OKU Timur

160
0
SHARE

OKU Timur, SORĀ  – Sebanyak 16 anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se – Kecamatan Martapura u tim Pemilihan Umum 2024 dilantik Ketua Panwascam Martapura, Novri Hasan, Senin (6/2/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Halaman Sekretariat Bawaslu OKU Timur, dihadiri Anggota Bawaslu OKU Timur Beni Tenagus, Forkopimcam, PPK Martapura dan undangan lainnya.

Ketua Panwascam Martapura Novri Hasan mengatakan, 16 PKD ini terpilih setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Mulai dari hasil pemeriksaan administrasi dan wawancara. Kemudian Pokja Pembentukan PKD melakukan rapat pleno penetapan calon PKD.

“Dari hasil pleno tersebut ditetapkan nama-nama calon anggota Panwaslu Kelurahan yang dinyatakan lulus. Semua tahapan sudah kita jalankan sesuai juknis dan peraturan yang ada,” katanya.

Ia menambahkan, 16 PKD terpilih ini, memiliki tugas dan kewajiban mengawasi setiap tahapan pemilu hingga hasil suara didapatkan, mengawasi netralitas ASN, melaporkan setiap tahapan ke Panwascam. Kewajiban PKD, netral tidak memihak kepada peserta pemilu.

“Setelah dilantik, besok PKD sudah mulai bekerja. Namun sebelum itu, agar kerja pengawasan berjalan baik, PKD harus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait di desa maupun kelurahan, karena jika tidak ada koordinasi yang baik tidak akan tercipta Pemilu yang aman dan damai, serta jaga selalu kekompakan,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu OKU Timur Agus Purnawan mengatakan, pelaksana penerimaan PKD telah terlaksana dengan baik. Semoga PKD yang sudah dilantik dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan proses demokrasi melalui fungsi pengawasan yang dilaksanakan secara profesional dan akuntabel.

“Saya mewakili keluarga besar Bawaslu OKU Timur mengucapkan selamat kepada PKD yang sudah dilantik, serta terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini. Dan mohon ma’af apabila masih terdapat banyak kekurangan, Bawaslu terbuka untuk semua saran dan kritik demi perbaikan pelayanan agar lebih baik,” katanya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here