Home POLITIK Tingkatkan Pemilih, KPU OKU Timur Evaluasi Kinerja Relawan Demokrasi

Tingkatkan Pemilih, KPU OKU Timur Evaluasi Kinerja Relawan Demokrasi

40
0
SHARE
Komisoner KPU OKU Timur, Yuliansyah saat memberikan pengarahan kepada Relawan Demokrasi pada rapat evaluasi hasil kinerja Relasi, Selasa (4/8/2020). Foto : Suaraokuraya.co.id

OKU Timur, SOR – Guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur tahun 2020, tidak terlepas andil dari berbagai pihak. Salah satunya peran dari Relawan Demokrasi (Relasi). Oleh karenanya, KPU OKU Timur terus melakukan evaluasi, di antaranya dengan mengadakan kegiatan evaluasi strategi sosialisasi bersama Relasi.

Sosialisasi masif yang dilakukan oleh Relasi diberbagai basis sasaran, yakni basis keluarga, pemula, muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, marginal, komunitas, keagamaan, dan warga internet, diharapkan akan berdampak pada partisipasi pemilih pada Pilkada 9 Desember mendatang.

Komisoner KPU OKU Timur, Divis Sosialisasi, Parmas dan SDM Yuliansyah mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk kita bersama-sama mengevaluasi strategi sosialisasi yang sudah dilakukan. Kita akan mencari strategi sosialisasi yang terbaik sehingga pada pemilihan mendatang, partisipasi pemilih terus meningkat,” katanya, Selasa (4/8/2020).

Melalui pertemua dengan Relasi yang diadakan setiap bulan ini, lanjut Yuli, diharapkan mendapat rumusan strategi sosialisasi terbaik. Kabupaten OKU Timur dengan kultur masyarakatnya yang heterogen, menuntut agar sosialisasi yang dilakukan kepada pemilihan juga harus berwarna, dengan pendekatan sesuai segmentasi pemilih.

“Sosialisasi dengan pendekatan budaya atau dengan memperbanyak penggunaan alat peraga, barangkali akan menjadi sosialisasi yang sangat efektif ke depannya. Nah, ini akan kita rumuskan. Tentu kita berpijak pada identifikasi masalah di lapangan, sehingga strategi sosialisasi yang dirumuskan nantinya benar-benar atas dasar masalah yang terjadi,” ujarnya.

Evaluasi hasil kinerja Relawan Demokrasi OKU Timur selama bulan Juni hingga Juli 2020 diadakan di Media Center KPU OKU Timur, dihadiri oleh seluruh Relawan Demokrasi dan Komisoner KPU OKU Timur Yuliansyah. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here