Home OKU RAYA Terkait Dana BOS, Ini Penjelasan Kepsek SMPN 3 Semendawai Suku III

Terkait Dana BOS, Ini Penjelasan Kepsek SMPN 3 Semendawai Suku III

791
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur, Sarjono memberikan klarifikasinya terkait isu penyelewengan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Seperti diketahui, sekolah yang berada di komplek Kota Terpadu Mandiri (KTM) ini sempat diberitakan negatif penggunaan dana perawatan sekolah dari anggaran BOS.

“Beberapa waktu lalu saat libur sekolah, SMP Negeri 3 Semendawai Suku III diberitakan negatif terkait penggunaan dana BOS pos anggaran perawatan sekolah. Saya tegaskan, sekolah tidak pernah menyelewengkan dana BOS,” ungkap Sarjono, Jum’at (20/8/2021).

Menurutnya, anggaran perawatan sekolah dari dana BOS, dilokasikan untuk membeli mesin potong rumput dan racun rumput guna mempermudah membersihkan dan merapikan halaman sekolah. Selain itu biaya perawatan sekolah juga, digunakan untuk pemasangan dan perbaikan instalasi listrik yang rusak, sekaligus untuk perbaikan instalasi air untuk menunjang pembelajaran tatap muka terbatas.

“Untuk perbaikan plafon sekolah akan kita anggarkan pada tahap 3 tahun 2021.Pelaporan penggunaan dana BOS setiap tahun di periksa oleh pihak yang memiliki kewenangan seperti inspektorat dan BPK, sekolah selalu mengedepankan Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.

Terkait kondisi toilet siswa, pintu WC ada namun saat ini terlepas. Pintu teralis dipasang di toilet sekolah. kondisi air di dalam bak mandi air terisi penuh. Piha sekolah selalu mengimbau para siswa yang menggunakan toilet untuk selalu menjaga kebersihan toilet.

“Perbaikan WC akan dimasukkan pada ARKAS tahun 2022. Dewan guru selalu berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan khususnya SMPN 3 Semendawai Suku III,” katanya.

Untuk diketahui, SMP Negeri 3 Semendawai Suku III didirikan pada tahun 2011 berada di komplek Kota Terpadu Mandiri (KTM) sebagai upaya pemerintah daerah untuk menyediakan akses pendidikan bagi peserta didik anak dari masyarakat transmigrasi lokal sekaligus desa-desa penyangga KTM Belitang. Saat ini SMP Negeri 3 Semendawai Suku III memiliki 3 Tingkatan kelas 7,8 dan 9 dengan peserta didik sebanyak 87 siswa. (oke)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here