Home PEMERINTAHAN Tahun Depan, Gaji Perangkat Desa Setara PNS

Tahun Depan, Gaji Perangkat Desa Setara PNS

351
0
SHARE
Foto : Ilustrasi

Palembang, SOR – Gaji perangkat desa di Sumatera Selatan akan setara dengan PNS golongan IIA. Kepastian kenaikan pendapatan tetap perangkat desa itu tertuang dalam transfer ke daerah alokasi belanja pegawai dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumsel Taukhid, SE, MSC mengatakan, dalam RAPBN 2020 anggaran dana desa (ADD) dinaikkan akibat dampak dari ditambahnya pula Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 10 persen.

“Selama ini kepala desa dan sekdes sudah ada penghasilan tetap. Namun pegawai-pegawai dan kepala seksinya belum ada, hanya sebatas honorer. Dalam ADD nanti, mereka akan diberikan penghasilan tetap,” kata Taukhid, dalam konferensi persnya di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Sumsel, Senin (19/8).

Lebih lanjut Taukhid menyebutkan, besaran anggaran ADD Sumsel belum diketahui, namun angkanya melebihi Rp16 Triliun untuk Sumsel. Dan salah gaji perangkat desa dari ADD tersebut, yang bersumber dari APBN karena penambahan DAU yang memiliki dampak penataan volume Anggaran dana desa.

“Jumlah standar gajinya belum ditentukan kalau gambarannya ya kira-kira setara dengan PNS golongan II. Pemerintah mengajukan ini agar para pegawai kantor desa dapat bekerja dengan fokus dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kita,” ungkapnya.

“Selama ini gaji mereka (honorer desa) kan tak tetap, pemerintah usulkan agar semua pegawai honor desa se-Indonesia mendapat gaji tetap,” lanjut Taukhid.

Diketahui, transfer ke daerah dan dana desa dalam RAPBN 2020 mencapai 34 persen dari total Belanja negara sebesar Rp2.528 Triliun. Defisit anggaran sebesar 1,76% PDB, diarahkan semakin sehat dan adaptif menghadapi resiko, rasio defisit ini terhadap PDB 2020 merupakan yang terendah dalam 5 tahun terakhir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Desa.

Dengan aturan baru ini, gaji perangkat desa setara dengan gaji pokok PNS golongan IIA. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here