Home OKU RAYA SMPN 4 Swadaya Bangun Pagar Sekolah

SMPN 4 Swadaya Bangun Pagar Sekolah

567
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Kepedulian dan kekompakan komite sekolah, guru, siswa, warga, Kepala Sekolah SMPN 4, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur terhadap kondisi sarana prasaran sekolah patut diacungi jempol. Pasalnya, dengan representatif menggunakan anggaran swadaya berhasil membangun pagar sekolah untuk kenyamanan dan keamanan belajar mengajar.

Ketika banyak sekolah lain banyak fokus mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana sekolah, SMPN 4 Belitang Madang Raya bersama komite sekolah menginisiasi pembangunan pagar sekolah dengan panjang panjang 200 meter melalui anggaran swadaya sebesar Rp. 28 juta.

“Pagar sekolah sempat roboh pada tahun 2020 lalu. Alhamdulillah, dengan dinisiasi sekolah dan komite sekolah pagar bisa kembali dibangun menggunakan anggaran pihak ketiga, diantaranya sumbangan dari dewan guru serta warga sekitar,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 4 Belitang Madang Raya, Himawan Bastari, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, pembangunan pagar sekolah sangat penting untuk keamanan para siswa, sekaligus langkah antisipatif supaya siswa tidak bolos dari sekolah. Sedangkan untuk Anggaran dana BOS SMP Negeri 4 Belitang Madang Raya untuk 2021 sebesar Rp.82.000.000, sesuai juknis tidak boleh digunakan untuk pembamaguna pagar sekolah.

“Ada 12 komponen pengunaan dana BOS sesuai juknis Kemendikbud. Dana BOS tidak boleh digunakan untuk membangun pagar sekolah, sekolah harus cerdas dalam memajukan dunia pendidikan,” ujarnya.

Pelaporan rencana anggaran sekolah yang ada pada sistem informasi BOS Kemendikbud merupakan bentuk tranparansi sekolah dalam penggunaan dana BOS, tapi tidak juga pelaporan dana tersebut menjadi acuan pihak-pihak lain untuk mencari kesalahan sekolah.

“Pos anggaran dalam rancangan dapat dirubah atau digeser sesuai keperluan dan kebutuhan sekolah,” katanya. (oke)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here