Home OKU RAYA Simulasi Pemungutan Suara Pilkada OKU Timur di Masa Pandemi Covid-19

Simulasi Pemungutan Suara Pilkada OKU Timur di Masa Pandemi Covid-19

75
0
SHARE
Simulasi pemungatan suara Pilkada OKU Timur 2020. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Simulasi pemungutan suara Pilkada serentak 2020 digelar di desa Sukomulyo, Martapura, OKU Timur, Sabtu (21/11/2020). Dari simulasi yang dilakukan mulai pencoblosan, penghitungan, dan penandatanganan berita acara dilakukan dengan menetapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Dalam simulasi itu, warga yang datang menggunakan hak pilih diatur sedemikian rupa oleh petugas sesuai protokol kesehatan dan diwajibkan mencuci tangan serta memakai masker.

Pantauan dilapangan, sebelum masuk ke TPS pemilih terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun oleh petugas. Pemilih yang masuk didalam TPS memakai sarung tangan plastik yang sudah disiapkan serta dibatasi delapan orang dan disiapkan tempat duduk berjarak.

Semua petugas KPPS menggunakan masker dan sarung tangan plastik, bilik suara diberi jarak sekitar satu meter serta disiapkan bilik suara khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya diatas 38 derajat Celcius.

Komisoner KPU OKU Timur, Divisi Teknis Penyelenggara, Sunarto mengatakan, simulasi dilakukan untuk mengetahui kesiapan petugas dalam melaksanakan pemungutan suara di TPS dan memberi pemahaman kepada warga terkait tata cara pemungutan suara dimasa pandemi covid-19.

“Tata cara pemungutan suara sama seperti pada pemilu sebelumnya, hanya ada tambahan terkait penerapan protokol kesehatan karena pandemi covid-19. Seperti pemilih harus memakai masker dan sarung tangan plastik serta jaga jarak,” katanya.

Lanjut Sunarto, warga yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya harus mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak membawa masker, petugas KPPS sudah menyiapkan masker termasuk sarung tangan plastik.

“Intinya, warga jangan takut datang ke TPS. Kita sudah siapkan semuanya sesuai dengan protokol kesehatan. Area TPS pun akan disemprot disinfektan secara berkala,” ujarnya.

“Pada simulasi ini juga, petugas akan menggunakan aplikasi Sirekap atau e-Rekap untuk melakukan penghitungan suara sebagai pembanding penghitungan suara secara manual.” timpalnya.

Sementara, Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya mengatakan, kegiatan simulasi yang dilakukan di TPS 2 di desa Sukomulyo merupakan salah satu agenda di KPU secara Nasional dan dilaksanakan serentak. “Pada 9 Desember mendatang kita melaksanakan pemungutan suara dengan menggunakan protokol kesehatan,” katanya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here