Home OKU RAYA Puluhan Ribu APS Bertebaran, Bawaslu OKU Timur : Satpol PP Jangan Lempar...

Puluhan Ribu APS Bertebaran, Bawaslu OKU Timur : Satpol PP Jangan Lempar Handuk

101
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU Timur sudah menginventarisir sejumlah Alat Peraga Sosial (APS) berupa baliho, reklame pasangan calon yang masih terpasang di berbagai titik di 20 kecamatan.

Menyikapi hal itu, Bawaslu juga sudah memberikan surat rekomendasi kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) OKU Timur untuk menurunkan APS yang masih bertebaran pada masa kampanye.

Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron mengatakan, dari temuan di lapangan oleh Panwascam, terdapat puluhan ribu APS yang memuat foto calon masih terpasang dan belum ditertibkan.

“Kewenangan penertiban APS merupakan domain dari Satpol PP bukan Bawaslu. Kami sudah memberikan rekomendasi ke Satpol PP, namun hingga saat ini belum ada tindakan sama sekali,” kata Gufron, diruang kerjanya, Rabu (7/10/2020).

Sejumlah baliho yang masih bertebaran, lanjut Gufron, merupakan APS yang dipasang oleh bakal calon sebelum ditetapkan menjadi paslon oleh KPU. Seharusnya, pada masa kampanye tidak ada lagi APS yang masih terpasang karena yang dipasang adalah Alat Peraga Kampanye (APK) dari KPU.

“Namun hingga saat ini, APK dari KPU belum ada yang terpasang, desain gambarnya pun belum diserahkan ke Bawaslu. Dan kami sudah Surati KPU untuk segera memberikan desain gambar APK agar bisa dilakukan pengawasan,” ujarnya.

Bawaslu tidak bisa berbuat banyak terkait APS yang masih bertebaran, karena secara regulasi tidak bisa menertibkan karena sifatnya pendampingan.

“Kami harap pemerintah daerah melalui Satpol PP menindaklanjuti rekomendasi yang sudah disampaikan untuk menertibkan APS. Jangan lempar handuk karena kewenangan ada di mereka” pungkasnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here