Home OKU RAYA Puluhan Bacalon Kades Datangi Kantor PMD OKU Timur, Ada Apa ?

Puluhan Bacalon Kades Datangi Kantor PMD OKU Timur, Ada Apa ?

337
0
SHARE
Foto : Puluhan Bacalaon Kades mendatangi Kantor Dinas PMD OKU Timur untuk membuat surat pernyataan tidak pernah menjabat Kades selama tiga kali masa jabatan. * Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Suasana Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU Timur, dalam beberapa hari tekahir terlihat ramai dari biasanya. Pasalnya, puluhan bakal calon (Bacalon) Kepala Desa (Kades) ramai – ramai mengajukan diri, untuk membuat surat keterangan tidak pernah menjabat Kades selama tiga kali masa jabatan.

Kepala Dinas PMD OKU Timur, Rusman mengatakan, para calon kades yang akan mendaftarkan diri maju pada Pilkades serentak yang akan rencananya akan digelar pada 7 April mendatang, harus membuat surat pernyataan tidak pernah menjabat Kades selama tiga masa jabatan.

“Para calon kades itu membuat surat pernyataan diatas materai, sebagai salah satu syarat mencalonkan diri sebagai Kades. Hal ini juga untuk mengantisipasi jika ada masalah dikemudian hari terkait syarat tersebut” kata Rusman, diruang kerjanya, Rabu (20/1/2021).

Ia menambahkan, dari 305 desa di Kabupaten OKU Timur, sebanyak 233 desa akan menggelar Pilkades serentak. Tahapan saat ini, masa pendaftaran bakal calon Kades, sudah dibuka di desa yang akan menggelar Pilkades.

Berdasarkan aturan, jika lebih dari lima bakal calon Kades yang mendaftar, maka akan dilakukan perampingan dengan seleksi yang akan dilakukan di tingkat Kabupaten.

“Nanti akan dilakukan seleksi, jika ada desa yang bakal calon Kades lebih dari lima orang. Namun jika tahap pertama pendaftaran yang mendaftar tidak lebih dari orang, maka akan ditutup sesuai jadwal, 28 Januari 2021 pukul 00.00 WIB,” tambahnya.

Mengacu pada UU Nomor 6 Tahun 2016 tentang Desa, salah satu syarat – syarat menjadi Kepala Desa dalam pasal 33 UU Desa huruf (i) , yakni tidak pernah sebagai Kepala Desa selama tiga kali masa jabatan. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here