Home ADVERTORIAL Pemkab OKU Timur Terima Piagam dan Plakat WTP

Pemkab OKU Timur Terima Piagam dan Plakat WTP

26
0
SHARE
Bupati OKU Timur Kholid Mawardi menerima langsung plakat penghargaan dari Kementerian Keuangan atas capaian Opini WTP terhadap laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur menerima piagam penghargaan dan plakat dari Kementerian Keuangan, stelah berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) delapan kali berturut-turut atas laporan keuangan pemerintah daerah.

Penghargaan itu diberikan melalui Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Kanwil Sumsel kepada Pemkab OKU Timur yang diterima langsung oleh Bupati OKU Timur Kholid Mawardi, di Rumah Dinas Bupati OKU Timur, Rabu (21/10/2020).

Turut hadir mendampingi Bupati menerima penghargaan antara lain Sekretaris Daerah Jumadi, Kabid PPAI Kanwil DJPB Palembang Tantowi, Kepala KPPN Baturaja OKU Abdullah Sani, Kepala BPKAD OKU Timur Agus Pahrimale, Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Marius.

 

Bupati OKU Timur Kholid Mawardi mengatakan, penghargaan yang diraih ini merupakan untuk Kedelapan kalinya secara berturut – turut, karena dalam pengelolaan anggaran OKU Timur selalu mengutamakan kepatutan, kepatuhan terhadap peraturan perundangan, kewajaran dalam pengelolaan keuangan, dengan memenuhi prinsip-prinsip azas efektif, efisien dan akuntabel.

”Terima kasih juga kepada seluruh staf, Sekda, Asisten, Staf Ahli dan para Kepala OPD, instansi vertikal BUMN/BUMD dan seluruh masyarakat atas kerjasamanya sehingga kita memperoleh predikat WTP dari BPK,” katanya.

Kholid mengapresiasi jajarannya atas kinerja selama ini dan mampu mempertahankan WTP dengan melaporkan pengelolaan keuangan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Saya bersyukur atas capaian meraih Opini WTP untuk tahun anggaran 2019 ini, dan apresiasi kami kepada seluruh jajaran atas kinerjanya,” ujarnya.

Kepala kantor wilayah Pembendaharaan palembang diwakilkan Kabid PPAI Kanwil DJPB Palembang Tantowi mengatakan, penghargaan yang diberikan sudah melalui monitoring BPK sumsel yang menilai kabupaten OKU Timur sewajarnya mendapatkan predikat WTP dan Plakat untuk kedelapan kali berturut-turut.

“Hal ini merupakan suatu pengakuan dari pemerintah pusat terhadap keuangan kepada daerah. Pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah OKU Timur merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK sebagai rangkaian akhir dari proses pemeriksaan,” katanya.

Pemeriksaan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan. Namun demikian jika ada ditemukan maka tetap diungkap dalam laporan. Opini yang diberikan oleh pemeriksa, merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan, bukan merupakan jaminan tidak adanya fraud yang ditemukan atau kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari.

“Semoga capaian ini mendorong OKU Timur untuk bekerja lebih giat dan produktif, sehingga penghargaan terus dapat dipertahankan,” tutupnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here