Home OKU RAYA Padi Diserang Hama, Petani di OKU Timur Merugi Hingga Rp 5 Juta

Padi Diserang Hama, Petani di OKU Timur Merugi Hingga Rp 5 Juta

484
0
SHARE
FUSO : Kondisi tanaman padi di Kecamatan Buay Madang diserang hama wereng sehingga mengakibatkan fuso atau gagal panen. (SYUPRIADI/SUARA OKU RAYA)

OKU Timur, SOR – Panen padi mengalami penurunan akibat serangan hama. Penurunan itu dialami petani di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur.

Salah satu petani, Johan (43) mengaku penurunan hasil panen gabah sekitar 80 persen. Saat tidak diserang hama biasanya 1 Ha menghasilkan 6 ton, kemarin hasil panen hanya menghasilkan 500 kg gabah kering. Penurunan ini dipicu hama penyakit seperti, wereng dan tikus.

“Penurunan hasil panen sangat drastis, kami sebagai petani sangat terpukul. Biaya tanam hingga pemupukan untuk 1 Ha lahan Rp 6 juta, panen hanya 500 kg. Jika dijual harga gabah sekarang Rp 3700, itupun jika benar benar kering. Panen kali ini sangat rugi hingga Rp 3 juta-Rp 5 juta,” ungkapnya.

Menurutnya, padi yang diserang hama berasnya tidak bagus sehingga harganya lebih murah. Buah padi banyak yang kosong, meskipun kelihatan buahnya bagus tapi hasilnya sedikit. Dari 500 kg gabah yang dipanen, hanya 450 kg yang bisa digiling menjadi beras.

“Dengan gagal panen seperti ini, hendaknya pemerintah daerah membantu petani dengan mempermudah proses administrasi asuransi. Karena asuransi tersebut sangat dibutuhkan petani yang gagal panen agar tidak terpukul ekonominya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto, mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan petugas ke lapangan untuk melakukan antisipasi dan pencegahan serangan hama agar semakin tidak meluas.

“Karena jika serangan hama ini dibiarkan tentu akan membuat susah petani. Karena itu secepatnya dilakukan pengendalian hama. Melalui kegiatan pencegahan ini akan mengurangi serangan hama,” katanya. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here