Home ADVERTORIAL OKU Timur Raih Penghargaan Pengembangan Pertanian Perkotaan di Indonesia Awards 2020

OKU Timur Raih Penghargaan Pengembangan Pertanian Perkotaan di Indonesia Awards 2020

96
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Kabupaten OKU Timur meraih apresiasi terkait pengembangan pertanian kota dalam acara Malam Anugrah Indonesia Awards 2020 yang diselenggarakan oleh iNews (MNC Group) di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Apresiasi diberikan kepada Kabupaten OKU Timur karena berhasil mengajak petani untuk mengembangkan pertanian organik dan sawah – sawah petani bahkan sudah mendapat sertifikat beras organik dari lembaga internasional.

Mengajak petani beralih mengembangkan pertanian ornganik bukanlah perkara, karena banyak petani yang sudah terbiasa dengan cara yang konvensional, yakni menggunakan zat kimia. Berdasarkan hal itulah, Kabupaten OKU Timur menerima Anugrah Indonesia Awards 2020.

Indonesia Awards 2020 merupakan ajang penghargaan bagi tokoh dan lembaga pemerintah maupun nonpemerintah atas dedikasi, prestasi dan konsistensinya dalam membangun negeri. Kabupaten OKU Timur masuk ke dalam 25 Penerima Apresiasi Indonesia Award 2020.

Kriteria penilaian pemenang Indonesia Awards 2020 mencakup popularitas, konsistensi, dan kepakaran. Proses penjaringan bakal calon nominator sudah dilakukan sejak Mei 2020. Pemilihan bakal calon nominator berdasarkan sepak terjang prestasi dan kontribusi selama pandemi Covid-19.

Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi yang tidak bisa menerima apresiasi tersebut secara langsung dikarenakan sakit, dalam sambutannya melalui video yang ditayangkan iNews menyampaikan, penghargaan yang diberikan merupakan upaya bersama seluruh jajaran pemerintah kabupaten OKU Timur, tokoh masyarakat, penggiat dibidang agropolitan, pengusaha dan seluruh komponen masyarakat, maka seyogyanya penghargaan adalah milik masyarakat.

“Kami hanya perantara menerima penghargaan ini, berbahagialah kita bersama, ini persembahan terakhir masa jabatan kami pada periode ini telah mendapat penghargaan, dan ini kami persembahkan untuk masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kabupaten OKU Timur merupakan daerah dengan potensi pertanian, mempunnyai konsep Membangun Perekonomian Rakyat Dengan Berbasis Pertanian. OKU Timur merupakan salah satu penyumbang beras terbesar untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan, dengan jumlah produksi padi tahun 2019 mencapai 1.095.501 ton, dengan luas tanam 177.532.00 hektar. Bahkan Kabupaten OKU Timur sudah mengembangkan padi organik dimana hasilnya yaitu beras organik telah menembus pasar nasional, ini merupakan sebuah prestasi luar biasa bagi OKU Timur.

Beras organik hasil dari petani OKU Timur, saat ini sudah masuk pasar di Jakarta dan Sumatera bagian Selatan bahkan salah satu supermarket ternama nasional. Meskipun penyalurannya baru sedikit karena terkendala investor untuk mensuplai beras organik, namun perkembangan pertanian padi organik di OKU Timur cukup pesat dan banyak petani beralih ke tanam padi organik karena menjanjikan secara ekonomi. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here