Home OKU RAYA KPU Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020

KPU Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020

54
0
SHARE
KPU OKU Timur melaksanakan Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020, Aula Bina Praja 2 Kantor Bupati OKU Timur, Kamis (9/7/2020)/Suaraokuraya.co.id

OKU Timur, SOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur melaksanakn sosialisasi PKPU 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Wali Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bina Praja 2 Kantor Bupati OKU Timur dipandu oleh Komisioner KPU OKU Timur Yuliansyah dan dihadiri oleh Asisten 1 Setda OKU Timur Dwi Supriyanto, Pimpinan Bawaslu OKU Timur Beni Tenagus, perwakilan unsur Muspika OKU Timur dan perwakilan partai politik di Kabupaten OKU Timur.

Komisoner KPU OKU Timur Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas Yuliansyah mengatakan, sosialisasi PKPU dilakukan karena adanya perubahan terkait pelaksanaan pilkada tahun 2020 akibat adanya pandemi covid-19.

“Pilkada serentak merupakan agenda nasional yang sudah direncanakan harus ditata ulang akibat pandemi covid-19. Perubahan itu terdapat dalam PKPU yang baru, sehingga perlu disosialisasikan kepada semua lini masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan pilkada,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Salah satu tahapan yang berubah dalam PKPU yang lama yakni, tahapan kampanye pilkada serentak 2020 dengan metode kampanye rapat umum yang hanya bisa dilakukan secara jaringan (daring). Jika dilakukan kampanye tatap muka maksimal peserta berjumlah dua puluh orang, namun jika dilakukan di dalam ruangan atau gedung maka hanya bisa digunakan 50% dari kapasitas ruangan.

“Selain itu, berdasarkan Surat Edaran 20 Tahun 2020 Komisi Pemilihan Umum, semua tahapan yang dilaksanakan harus sesuai dengan standar protokol kesehatan. Pilkada kali ini merupakan tantangan karena akan dilaksanakan ditengah pandemi covid-19, dan ini menjadi tugas kita bersama untuk menghasilkan pilkada yang berkualitas,” ujarnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here