Home OKU RAYA KNPI OKU Timur Dorong Pemuda Aktif Awasi Dana Desa

KNPI OKU Timur Dorong Pemuda Aktif Awasi Dana Desa

483
0
SHARE
Ketua DPD KNPI Kabupaten OKU Timur Fenus Antonius. (SYUPRIADI/SUARA OKU RAYA)

OKU Timur, SOR – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten OKU Timur mendorong para pemuda di desa, agar menjadi motor penggerak pembangunan serta memberikan informasi-informasi yang bermanfaat ke masyarakat.

“Sekarang teknologi berkembang pesat, informasi sangat mudah didapat melalui perangkat smartphone atau ponsel pintar. Gunakanlah secara bijak menyebarkan informasi yang bermanfaat,” kata Ketua KNPI OKU Timur Fenus Antonius, di Martapura, Selasa (16/7).

Fenus mencontohkan, salah satu yang dapat dilakukan dengan aktif memberikan informasi penanganan maupun pencegahan hama kepada para petani yang akhir-akhir ini lahan sawah mereka terserang wereng coklat dan mengalami gagal panen.

“Itu bisa dilakukan karena cukup banyak artikel dari sumber terpercaya bisa diakses melalui ponsel pintar. Informasi itu bisa disebarkan untuk diaplikasikan agar bisa dirasakan manfaatnya,” ungkap Fenus.

Selain itu, ujar Fenus, para pemuda harus aktif berpartisipasi dalam mengawal transparansi penggunaan dana desa, untuk pembangunan infrastrukur dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di desa.

“Dan ini sangat penting, siapa lagi yang dapat melakukan pengawasan kalau bukan mereka yang ada di desa,” ujarnya.

Lanjut Fenus, besarnya alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) yang disalurkan pemerintah setiap tahunnya, membutuhkan pengawalan dalam penggunaannya. Karena anggaran itu, jelas peruntukannya untuk pembangunan desa dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemuda bisa bekerja sebagai pengawas penggunaan anggaran yang dialokasikan ke desa. Dalam APBDes sudah jelas kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun. Dan itu perlu diawasi dan didorong pemanfaatannya sehingga tepat sasaran,” ujarnya lebih lanjut.

Jika ada pembangunan, maka anggaran tersebut dapat dinyatakan tepat sasaran. Namun jika pembangunan tidak terjadi, maka hal itu menjadi pertanyaan besar dan tugas pemuda untuk mencari sumber permasalahan itu.

“Tidak menutup kemungkinan jika ada penyalahgunaan dana desa karena kurangnya pengawasan dari luar. Itu tugas kita semua untuk mengawasi itu, jika ada penyalahgunaan segera laporkan. Jangan main main dengan dana desa karena sudah banyak kepala desa yang terkena sanksi hukum,” tegasnya.

Fenus menambahkan, KNPI OKU Timur dalam waktu dekat akan membentuk Kader Pemuda Pembanguan Desa di seluruh desa se-OKU Timur, yang salah satu tujuannya untuk berpartisipasi dalam mengawas penggunaaan dana desa agar pembangunan tepat sasaran.

“Itu sudah masuk dalam program kerja kita, dan secepatnya akan kita bentuk. Mereka nanti akan memberikan informasi tentang pembangunan di desa, dan akan turut berpartisipasi aktif mengawal penggunaan dana desa,” pungkasnya. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here