Home RAGAM Kenikir, Lalapan Yang Kaya Manfaat

Kenikir, Lalapan Yang Kaya Manfaat

85
0
SHARE
Foto : Daun kenikir

OKU Timur, SOR – Daun kenikir yang memiliki nama latin Cosmos Caudatus sejak dulu di wilayah Asia Tenggara kerap digunakan sebagai obat tradisional. Tumbuhan yang masuk dalam keluarga Asteraceae ini biasanya dimakan dalam keadaan mentah atau lalapan.

Manfaat Daun Kenikir bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa dimakan sebagai pelengkap saat makan, daun kenikir biasa digunakan sebagai pengobatan alternatif karena kandungan di dalamnya sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Di selejumlah daerah, daun kenikir me.miliki nama yang berbeda. Misalnya di wilayah Sumatera menyebut daun ini sebagai ulam raja. Penyebutan ini juga sama seperti orang Malaysia. Sementara di daerah lain di Indonesia mayoritas menyebutnya daun kenikir, meski ada sebagian yang menyebut daun curing.

Mengenai manfaat daun kenikir, kandungan yang ada di dalamnya berupa asam askorbat serta asam klorogenik. Kedua zat ini berdasarkan pengujian laboratorium sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ada juga kandungan kalsium, magnesium, flavonoid, saponin, polifeno, kuersetin, alkohol koniferil, terpenoid, vitami A, C, E serta memiliki kandungan protein.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan Tubuh

Daun kenikir ini memang sangat mudah sekali tumbuh dan perkembangannya begitu cepat. Sehingga, jika Anda ingin memiliki dalam jumlah banyak, Anda tidak perlu pusing karena tanaman ini bisa tumbuh di mana saja. Adapun manfaatnya, antara lain:

Dapat menambah nafsu makan.

Kandungan kuersetin dalam daun ini mamapu meningkatkan nafsu makan seseorang. Seperti anak-anak yang sulit makan dan memiliki masalah berat badan, ini bisa menjadi salah satu solusi. Biasanya, orang yang baru pulih dari sakit ataupun setelah dioperasi, mengkonsumsi daun ini sebaiknya 3 kali dalam seminggu. Sebab, ini akan membantu menjaga stamina tubuh agar bugar lagi.

Solusi bau mulut

Kandungan alkohol koniferil dalam daun ini bermanfaat sebagai antibakteri yang mampu membersihkan lidah dan air liur dari kuman. Sehingga, manfaat daun kenikir sangat cocok sekali untuk masalah bau mulut. Caranya pun mudah, hanya dengan mengunyah sekitar 30 detik, kemudian berkumur. Lakukan secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Menambah sistem kekebalan tubuh

Vitamin A, E, dan C yang ada dalam daun kenikir ini sangat membantu tubuh, terutama dalam menjaga terutama dalam menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. Selain itu, kandungan protein yang ada mampu membentuk fagosit yang bermanfaat melindungi tubuh dari virus.

Menguatkan tulang

Kandungan kalsium dan magnesium dalam daun kenikir ini mampu menguatkan tulang. Jadi, ini bisa menjadi alterlatif bagi mereka yang bermasalah dengan tulang selain menggunakan susu.

Penyakit maag

Kandungan tokoferol dalam daun ini bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Sehingga, ini menjadi salah satu bahan alami bagi Anda yang memiliki masalah maag.

Kesehatan jantung

Bagi yang memiliki masalah dengan jantung, salah satu manfaat daun kenikir juga bisa menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, kandungan flavonoid di dalam daun ini mampu menguatkan arteri serta otot jantung.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kandungan Vitamin C, E serta flavonoid dalam daun ini berguna sebagai detoksifikasi alami. Sehingga, ketika Anda rajin mengkonsumsi secara wajar, racun-racun yang ada dalam tubuh bisa diatasi dengan mengkonsumsi ini.

Bahaya Daun Kenikir

Meski manfaat daun kenikir sangat banyak dan hampir tidak ada efek samping, namun ketika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak wajar justru berbahaya bagi tubuh.

Berdasarkan penelitian, menyebutkan daun kenikir dikenal sebagai daun yang ketika dikonsumsi minim efek samping. Meski begitu, ketika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan kulit, ruam pada kulit, gatal-gatal, mual hingga muntah-muntah.

Beberapa manfaat daun kenikir di atas, sekali lagi dapat dirasakan oleh kita ketika dikonsumsi secara wajar, dan berdampak kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. (Bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here