Home ORBIT Kelor, Pohon Ajaib yang Punya Segudang Manfaat

Kelor, Pohon Ajaib yang Punya Segudang Manfaat

54
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Miracle tree, begitulah para illmuwan menyebut pohon kelor yang punya segudang manfaat dengan daun yang berukuran kecil dan tersusun rapi berbentuk bulat lonjong. Bagian dari pohon ajaib ini, yang banyak digunakan untuk diambil manfaatnya adalah bagian daunnya, umumnya di Indonesia dimasak sebagai sayur dan teh.

Sejak tahun 1980, para ilmuwan sudah melakukan penelitian mengenai manfaat daun kelor. Setelah ditemukan manfaat penting yang terkandung di daun kelor, organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bayi dan anak – anak untuk mengkonsumsinya, karena mengandung potasium, kalsium, vitamin C, vitamin A dan protein yang berlipat dari buah – buahan dan susu.

Dikutip dari Wikipedia, lebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi. Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara.

Berikut manfaat yang terkandung di daun kelor, disarikan dari berbagai sumber :

1. Memperkuat kekebalan tubuh

Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menghasilkan ASI lebih banyak

Protein, zat besi, dan Vitamin C dan unsur flavonoid yang terkandung di daun kelor bermanfaat untuk membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak dan berkualitas. Namun disarankan, bagi ibu hamil perlu menghindari konsumsi daun kelor saat hamil, terutama trisemester pertama.

3. Menyehatkan mata

Daun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun kelor bermanfaat agar organ mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih. Daun kelor juga dapat dimanfaatnya dalam menyembuhkan penyakit mata, bisa dengan dimakan secara langsung (setelah daun dibersihkan).

3. Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflamasi.

Daun kelor memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat. Senyawa tersebut terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.

4. Menjaga kesehatan ginjal

Mengkonsumsi daun kelor secara teratur dan tidak berlebihan dipercaya membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi tak baik.

5. Obat rematik

Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi, yang sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat daun kelor ini bisa dimanfaatkan untuk rematik, pegal linu, nyeri, dsb.

6. Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk memperkuat hasil penemuan ini.

7. Anti Kanker

Pada studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia, yang diterbitkan di jurnal “Food and Chemical Toxicology” edisi Juni 2011. Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.

8. Mengatasi diabetes

Menurut peneliti dari University of Wiconsin LaCrosse, yang melakukan sebuah studi hewan di laboratorium, yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes”, kandungan mineral yaitu seng yang begitu tinggi di daun kelor bersifat anti diabetes. Kandungan tersebut diperlukan untuk produksi insulin.

9. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal, bahwa salah satu manfaat tidak terduga daun kelor yaitu menjaga kadar darah dan mencegah kolesterol tinggi. Hal ini seperti yang dipaparkan di Journal Phytotherapy Research.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang terkandung di daun kelor, mari kita budidayakan pohon ajaib ini di pekarangan halaman rumah untuk bisa diambil manfaatnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here