Home OKU RAYA Jelang Penetapan DPT, KPU OKU Timur Gelar Rakor

Jelang Penetapan DPT, KPU OKU Timur Gelar Rakor

17
0
SHARE
Rakor Persiapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Pra Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Jelang penetapan Daftara Pemikih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur menggelar rapat koordinasi persiapan untuk penetapan DPT pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur tahun 2020.

Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti Bawaslu OKU Timur, Kalapas Martapura, Kepala Dinas Capilduk OKU Timur dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-OKU Timur berlangsung di Aula Bina Praja II, Kantor Bupati OKU timur, Kamis (15/10/2020).

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, melalui Komisoner KPU, Divisi Data dan Informasi Sulistiyani mengatakan, kegiatan Rakor untuk menindaklanjuti permasalahan selama pemuktahiran data pilih, sehingga diharapkan pada saat penetapan DPT, data sudah valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Hari ini juga ada penyandingan data belum rekam e-KTP dengan Disdukcapil agar secepatnya diketahui berapa data Pemilih belum terekam, kita harapkan sebelum penetapan DPT data tersebut sudah berkurang,” katanya.

Berdasarkan data yang ada warga yang belum rekam e-KTP sebanyak 10.642 orang. Sedangkan data dari Lapas Kelas II BB Martapura sementara ini berjumlah 233, dengan rincian laki-laki 230 orang dan perempuan tiga orang.

Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada sebanyak 465.336 yang telah ditetapkan pada 14 September 2020. KPU OKU Timur juga sudah melaksanakan kegiatan Uji Publik DPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur serentak 2020.

“Uji publik ini dilakukan untuk mengetahui kualitas DPS yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara, Anggota Bawaslu OKU Timur Beni Tenagus mengimbau agar KPU memastikan DPS Hasil Perbaikan yang dimuktahirkan di tingkat PPK sudah akurat dan masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan masuk dalam DPS Hasil Perbaikan yang akan ditetapkan menjadi DPT pada 16 Oktober 2020.

“Pastikan juga bagi pemilih yang tidak memenuhi syarat untuk di hapus agar menghasilkan mata pilih yang akurat. KPU juga harus memperhatikan pemilih yang ada di Lapas Martapura agar bisa memilih pada hari pencoblosan. Kita berharap bersama tahapan pilkada berjalan dengan baik dan tidak ada residu apalagi tentang permasalahan DPT,” katanya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here