Home ADVERTORIAL Gerak Cepat Atasi Banjir di OKU Timur

Gerak Cepat Atasi Banjir di OKU Timur

27
0
SHARE
Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir. (Foto : Suaraokuraya.co.id)

OKU Timur, SOR – Belum lagi usai mengatasi pandemi virus covid-19, Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus berjibaku mengatasi banjir besar yang baru saja melanda Bumi Sebiduk Sehaluan itu. Sejumlah langkah langsung diambil oleh Bupati OKU Timur dan langsung turun ke desa-desa yang terdampak banjir.

Melalui gerakan sosial kemanusiaan, ribuan sembako yang berhasil dikumpulkan tanpa menggunakan APBD langsung diserahkan kepada warga yang rumahnya terendam banjir.

Kholid langsung terjun langsung dalam peninjauan lokasi banjir dan memimpin proses evakuasi dan pemberian sembako kepada warga yang terdampak banjir.

“Hari ini seluruh jajaran, saya perintahkan untuk memberikan bantuan kepada semua warga yang terkena banjir. Mereka harus cepat begerak, jangan tunda tunda lagi memberikan bantuan 911 paket yan ada di gudang BPBD. Bantuan OPD dan CSR sebanyak 306 paket sudah diberikan, dan hari ini 2.000 paket lagi akan diberikan,” kata Kholid, Minggu (10/5/2020).

Menurutnya, banjir yang melanda Kabupaten OKU Timur belum bisa dikatagorikan sebagai bencana daerah, karena merupakan kiriman dari kabupaten OKU Selatan dan terjadi selama tiga hari. Oleh sebab itu belum bisa dianggarkan dengan anggaran daerah. Namun, pemerintah daerah, harus melakukan gerak cepat tanggap untuk membantu masyarakat yang terkena banjir dengan cara urunan, dimana fokusnya bantuan yang diberikan berupa sembako, air bersih dan yang lainnya.

“Intensitas hujan dan naiknya air pada beberapa sungai yang ada di Kabupaten OKU Timur dan kiriman air dari Kabupaten OKU Selatan mengakibatkan hampir 5 Kecamatan terendam banjir. Kita sudah menyiapkan langkah langkah guna penyelamatan bagi warga yang terkena banjir. Sekaligus bagaimana memeriksa kesehatan warga yang ada di pengungsian. Mulai dari evakuasi, hingga penyaluran bantuan kepada warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Pemerintah daerah juga akan menyediakan dapur umum dan itu dilengkapi dengan kesehatan, serta penyaluran bantuan berupa makanan dan pakaian sudah dilakukan sejak kemarin.

“Semoga kondisi ini tidak berlangsung lama dan banjir segera surut. Saya akan terus berkoordinasi dengan jajaran agar bantuan dapat disalurkan secara merata” lebih lanjut.

Ditempat yang sama, Kepala BPBD OKU Timur Msg Habibullah mengatakan, banjir di kabupaten OKU Timur sudah tersebar di lima kecamatan, dengan total rumah yang sudah terendam sebanyak 3.522 Kepala Keluarga (KK).

“Bantuan sembako sudah disalurkan sejak Sabtu lalu, dan sesuai arahan pak Bupati hari ini setelah dilakukan urunan, akan disalurkan lagi sembako sebanyak 2.000 paket dan semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat,” pungkasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here