Home OKU RAYA Enos Apresiasi Kinerja Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Sebelumnya

Enos Apresiasi Kinerja Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Sebelumnya

330
0
SHARE
Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Memori Serah Terima Jabatan dari Plh Bupati OKU Timur Jumadi kepada Bupati OKU Timur Lanosin

OKU Timur, SOR – Bupati OKU Timur, Lanosin mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur sebelumnya atas capaian kinerja beberapa tahun terakhir yang berhasil membangun Kabupaten OKU Timur.

Hal itu disampaikan Bupati OKU Timur yang akrab disapa Enos ini saat pidato sambutan, pada Rapat Paripurna Ke – XVIII DPRD OKU Timur Masa Sidang 2 dalam Rangka Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Memori Serah Terima Jabatan Serta Penyampaian Pidato Sambutan Bupati OKU Timur, Senin (8/3/2021) di Gedung Paripurna DPRD OKU Timur.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Bapak H.M. Kholid Mawardi, S.Sos, M.Si dan Bapak Fery Antoni, S.E sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU TIMUR masa jabatan Tahun 2016 — 2021, atas keberhasilan dalam membangun Kabupaten OKU TIMUR. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama yang telah terjalin secara baik selama ini, antara forkopimda, seluruh komponen masyarakat, maupun lembaga-lembaga pemerintahan yang ada,” ucapnya.

Keberhasilan pembangunan tersebut di
antaranya adalah, pada tahun 2020, Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB Atas Dasar Harga Berlaku Kabupaten OKU TIMUR mencapai 15,23 triliun rupiah, dimana tingkat pertumbuhan ekonomi juga masih tumbuh secara positif sebesar 0,41 persen. Angka ini merupakan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tertinggi dari 17 kabupaten dan kota se- Sumatera Selatan.

“Meskipun angka pertumbuhan ekonomi ini masih jauh dari capaian pada tahun 2019, yakni sebesar 5,86 persen, namun Kabupaten OKU Timur masih mampu mempertahankan kinerja pertumbuhan ekonomi secara positif di tengah pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020. Dimana pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi, yakni bernilai negatif, sebesar minus 2,07 persen. Ke depan, tentu saja kami akan berupaya agar PDRB maupun pertumbuhan ekonomi Kabupaten OKU Timur akan terus meningkat,” katanya.

Lanjut Bupati, untuk bidang pembangunan sumber daya manusia, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM di Kabupaten OKU Timur, pada Tahun 2020 adalah sebesar 69,28. Angka ini memang masih di bawah target nasional, yakni sebesar 75,54. Untuk itu, IPM akan diupayakan agar bisa meningkat di atas angka 70 pada masa mendatang.

Angka IPM di Kabupaten OKU TIMUR pada Tahun 2020 ini sebenarnya masih berada di posisi yang cukup baik, karena menduduki peringkat kelima dari 17 kabupaten dan kota se-Sumatera Selatan.

Tingkat kemiskinan Kabupaten OKU TIMUR pada Tahun 2020 adalah 10,43 persen. Meskipun masih di bawah target nasional yakni sebesar 6 hingga 7 persen, jika dibandingkan dengan daerah lain, maka kondisi kemiskinan di Kabupaten OKU TIMUR pada Tahun 2020 ini sebenarnya telah cukup baik, karena berada pada urutan ketiga yang terendah se-Sumatera Selatan, yakni setelah Kota Pagaralam dan Kota Palembang.

Tentunya, tingkat kemiskinan Kabupaten OKU TIMUR pada masa mendatang akan Kami upayakan agar dapat menurun menjadi satu digit, yakni di bawah 10 persen. Hal tersebut bukanlah mustahil karena pernah dicapai Kabupaten OKU TIMUR pada Tahun 2009 hingga 2012. Bahkan pada Tahun 2012, tingkat kemiskinan Kabupaten OKU TIMUR pernah menyentuh angka 8,98 persen.

Indeks gini rasio pada Tahun 2019 adalah sebesar 0,276. Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kesenjangan pendapatan masyarakat OKU TIMUR masih relatif rendah, karena berada di bawah 0,35. Angka ini bahkan melampaui target nasional yang ditetapkan sebesar 0,36 hingga 0,374. Tentunya, ke depan indeks gini rasio di OKU TIMUR ini akan kami upayakan untuk dapat terus diturunkan.

Tingkat Pengangguran Terbuka di OKU Timur pada tahun 2019 adalah sebesar 3,41 persen. Agka ini juga melampaui target nasional yang ditetapkan sebesar 3,6 hingga 4,3 persen. Ke depan, tentu saja Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten OKU Timur akan diupayakan untuk terus menurun.

APBD Kabupaten OKU TIMUR pada Tahun 2020 mencapai 1,997 triliun rupiah yang terdiri dari dana perimbangan sebesar 1,292 triliun, pendapatan asli daerah sebesar 95 milyar, serta lain-lain pendapatan yang sah sebesar 610 milyar, termasuk di dalamnya bantuan keuangan dari pemerintah propinsi mencapai 282 milyar. Tentu saja kami akan berupaya agar pendapatan daerah Kabupaten OKU TIMUR ke depan dapat terus ditingkatkan.

“Selain itu, OKU Timur juga berhasil menciptakan kondusivitas dan stabilitas keamanan, yang tercermin dari keberhasilan penyelenggaraan Pemilu, Pilpres, Pilgub maupun Pilkada, dengan tanpa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban. Tentunya, kondisi ini akan kami pertahankan melalui upaya peningkatan sinergitas dengan TNI, Polri dan segenap lapisan masyarakat,” ujarnya.

Pada sektor pertanian, OKU Timur masih menjadi salah satu lumbung pangan nasional dengan produksi gabah kering giling pada Tahun 2020 mencapai 979,9 ribu ton dengan luas panen mencapai 164,8 ribu hektar. Selain itu, OKU TIMUR juga telah memiliki lahan padi organik dengan produksi pada Tahun 2020 mencapai 213,4 ton gabah kering giling dan dengan luas tanam mencapai 37,4 hektar. Capaian ini tentunya menjadi catatan penting untuk kami tingkatkan di masa mendatang.

Untuk infrastruktur dasar bidang transportasi, alhamdulillah, saat ini sudah 73 persen dan 933 km panjang ruas jalan kabupaten.

Selain berbagai prestasi di atas, kita juga bersyukur bahwa Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah berhasil meraih berbagai penghargaan maupun tanda kehormatan, di antaranya adalah :

Penghargaan dari Menteri Keuangan atas Capaian Opini “Wajar Tanpa Pengecualian” atau WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sebanyak 8 kali berturut-turut, pada kurun waktu Tahun 2013 hingga 2020,

Penghargaan SAKIP dari Kementerian PAN-RB atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan Predikat B, dalam tata kelola pemerintahan pada Tahun 2020:

Penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Menteri Dalam Negeri sebagai salah satu kabupaten terinovatif pada Tahun 2020.

Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN atas peran mensukseskan kegiatan Pelayanan KB serentak sejuta akseptor pada Tahun 2020, serta

Yang terkini adalah prestasi sebagai Kabupaten Terbaik Kedua dari 13 Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan pada Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021.

“Berbagai prestasi dan keberhasilan pembangunan, maupun penghargaan di atas merupakan gambaran kondisi awal pada masa pemerintahan Kami yang akan Kami upayakan untuk dipertahankan dan ditingkatkan di masa rsendatang,” lebih lanjut.

Hal ini diharapkan dapat terwujud melalui pelaksanaan berbagai program kerja dalam kerangka visi dan misi yang telah kami persiapkan, dengan mengacu pada amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasai 40 Ayat 1, dimana visi dan misi tersebut harus berkesesuaian dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau RPJPD. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here