Home OKU RAYA DPRD OKU Timur Setujui Raperda APBD Perubahan Tahun 2020

DPRD OKU Timur Setujui Raperda APBD Perubahan Tahun 2020

28
0
SHARE
Paripurna 11 Penutupan APBD Perubahan, menerima dan menyetujui Raperda, tentang perubahan anggaran dan belanja daerah OKU Timur Tahun Anggaran 2020 dan disahkan menjadi Perda tentang tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun anggaran 2020. (Foto : Suaraokuraya.com)

OKU Timur, SOR – DPRD OKU Timur pada Paripurna 11 Penutupan APBD Perubahan, menerima dan menyetujui Raperda, tentang perubahan anggaran dan belanja daerah OKU Timur Tahun Anggaran 2020 dan disahkan menjadi Perda tentang tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun anggaran 2020. ABPD Perubahan disahkan sebesar Rp 1.897.991.201.482

Juru bicara Banggar DPRD OKU Timur pada Vindo Faisal Anugrah, SH, pada Paripurna 11 Penutupan APBD Perubahan, yang berlangsung Senin (24/08/2020) sore mengungkapkan, pandemik corona virus disease (covid 19) telah menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap perekonomian nasional juga kondisi sosial ekonomi masyarakat. Untuk itu  pemerintah telah mengeluarkan stimulus guna menjaga masyarakat serta perekonomian.

“Namun seiring dengan perubahan dampak covid 19 yang semakin hari semakin meluas, sehingga diperlukan upaya penanganan bersama, oleh pemerintah pusat serta pemerintah di daerah-daerah melalui realokasi dan refocusing anggaran belanja apbn dan apbd tahun anggaran 2020 untuk penanganan pandemik dan dampak covid 19,” katanya.

Refocusing anggaran, rambu-rambunya adalah menunda, serta membatalkan kegiatan yang dianggap tidak lagi relevan tidak dalam koridor prioritas, juga kegiatan lain, yang tidak dapat dilakukan pada periode darurat, agar direalokasikan,ungkapnya.

Vindo juga menambahkan di OKU Timut mur ini, pemerintah daerah telah berupaya memberi perhatian yang sangat serius, terhadap keselamatan masyarakat OKU Timur  dari pandemik Covid-19 .Bukti keseriusan pemerintah daerah, dapat dilihat dari kebaikan yang telah dijalankan, terutama dalam anggaran yang begitu besar yang telah dialokasikan guna percepatan dalam penanganan dan pencegahan dari Covid-19.

“Oleh karena itu di dalam pembahasan tentang perubahan APBD  Tahun Anggaran 2020 pemerintah daerah perlu menata kembali anggaran, serta melakukan penyesuaian APBD Tahun Anggaran 2020, sesuai pedoman yang telah dltetapkan pemerintah pusat. Alokasi anggaran yang dialihkan sebelumnya dikarenakan ada Refocusing anggaran. Karena refocusing anggaran yang telah dilakukan sebelumnya, membuat beberapa program-program di OPD tidak dapat berjalan dengan maksimal, mengingat tujuan anggaran sebelumnya, telah dialihkan guna percepatan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19,”  imbuhnya.

Selanjutnya, terhadap program dan kegiatan prioritas yang mendesak, dalam rangka kesuksesan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU  Timur tahun 2020, pemerintah daerah perlu menyesuaikan kembali anggaran berupa penambahan alokasi anggaran hibah Pilkada demi kesuksesan penyelenggaraan Pilkada.

“Badan Anggaran DPRD OKU Timur mengharapkan, pada seluruh OPD OKU mur, agar dapat melaksanakan aturan aturan, sesuai yang telah diamanatkan ketentuan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan bidang dan urusannya masing-masing, terutama yang berkaitan dengan penggunaan keuangan, supaya tepat sasaran, efisien, ekonomis, efektif, terukur, dan bertanggungjawab, dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here