Home OKU RAYA Diserang Hama Wereng, Petani di OKU Timur Pasrah

Diserang Hama Wereng, Petani di OKU Timur Pasrah

240
0
SHARE
HAMA WERENG MENYERANG : Kondisi tananam padi di Desa Rowodadi, Buay Madang Timur yang terserang hama wereng. (SYUPRIADI/SUARA OKU RAYA)

OKU Timur, SOR – Hama wereng mulai serang tanaman padi. Akibatnya puluhan hektar sawah disejumlah wilayah di Kabupaten OKU Timur terancam gagal panen.

Salah satu petani di Desa Rowodadi, Kecamatan Buay Madang Timur, Syaiwan, kepada suaraokuraya.com, Minggu (7/7/2019), mengatakan, hama wereng menyerang tanaman padi mereka tidak kunjung berhenti dan semakin meluas. Meskipun sudah dilakukan penyemprotan, namun hama wereng semakin bertambah.

Karena serangan hama dimaksud terus berlanjut, maka luas tanaman padi petani yang diserang hama itu terancam gagal panen juga semakin bertambah.

“Kami hanya pasrah saja, tinggal menunggu apakah ada tanggapan pemerintah atau dibiarkan saja. Hingga saat ini belum mendapatkan perhatian dan tanggapan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),” kata Syaiwan.

Hal yang sama diungkapkan salah seorang petani di Kecamatan Belitang II, Mujianto. Menurutnya, serangan hama wereng berlangsung sangat singkat, tapi sudah merusak banyak tanaman padi milik para petani.

Untuk menanggulangi serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi itu pihaknya sudah berupaya melakukan penyemprotan pestisida. Tetapi sangat disayangkan, upaya tersebut tidak membuahkan hasil yang maksimal. Wereng masih terus menyerang tanaman padi.

“Hampir rata rata tanaman padi disini terkena wereng. Upaya penyemprotan sudah dilakukan tapi hasilnya belum maksimal. Kalau seperti ini terus kami bisa merugi,” ungkapnya.

Sementara menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk menghentikan serangan hama wereng ini. “Sudah kita lakukan pengendalian dari brigade dan laboratorium hama,” ujarnya singkat. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here