Home OKU RAYA Diguyur Hujan, Puluhan Hektar Lahan Sawah Terendam Banjir

Diguyur Hujan, Puluhan Hektar Lahan Sawah Terendam Banjir

63
0
SHARE
Foto : Puluhan hektar sawah di Kecamatan Semendawai Suku II terendam banjir akibat luapan air sungai macak. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Sejumlah wilayah di Kabupaten OKU Timur diguyur hujan deras, Sabtu (9/1/2021). Akibatnya, sejumlah lahan persawahan di Kecamatan Semendawai Suku III terendam banjir hingga Senin (11/1/2020).

Intensitas hujan yang tinggi pada Sabtu menyebabkan air sungai macak meluap dan merendam permukiman di beberapa desa. Tak hanya itu, luapan air sungai macak juga merendam puluhan hektar lahan pertanian yang dekat dengan sungai.

Warga desa Sriwingai Ulu, Semendawai Suku III, Sugianto mengatakan, banjir yang merendam lahan pertanian miliknya sudah sering terjadi setiap tahun akibat luapan sungai macak.

“Jika dalam beberapa hari kedepan banjir tidak surut para petani padi disini terancam gagal panen, karena akan mengalami penurunan produksi padi,” katanya.

Pemerintah daerah harus memberi solusi, agar permasalahan banjir di lahan persawahan akibat luapan air sungai macak yang hampir setiap tahun terjadi, dapat segara teratasi. “Kami sebagai petani berharap banjir seperti ini segera teratasi jangan ada lagi, rugi panen tidak maksimal, bahkan bisa gagal panen,” imbuhnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Anggota DPRD OKU Timur Fraksi PKB, Suhartono berharap agar masyarakat tetap waspada di musim penghujan. “Kami akan mengusulkan kepada pemerintah Daerah untuk melakukan normalisasi sungai macak secara berkala, dan berharap masyarakat tetap waspada” katanya. (eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here