Home OKU RAYA Dalam Sehari Enam Warga Martapura Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dalam Sehari Enam Warga Martapura Terkonfirmasi Positif Covid-19

356
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Dalam sehari, sebanyak enam warga dari Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur terkonfirmasi positif virus corona diseases atau covid-19.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, penambahan positif covid-19 tersebar di Kotabaru, Tanjung Kemala dan Sukomulyo.

Sebanyak lima orang terkonfirmasi positif covid-19 itu karena kontak erat dengan kasus 54 yang merupakan cluster baru dan bekerja disalah satu kantor dinas pemerintahan Kabupaten OKU Timur. Sementara satu orang positif covid-19 merupakan cluster baru dan bekerja sebagai staf di salah satu bagian Setda Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

“Enam orang positif covid-19 itu sekarang menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan tim medis. Tracking kontak dan edukasi sudah dilakukan terhadap warga yang kontak dengan terkonfirmasi positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Yakub, Jum’at (9/10/2020).

Sementara, Ketua KNPI OKU Timur Fenus Antonisu, melalui Sekretaris KNPI Syupriadi mengatakan, lonjakan kasus covid-19 di wilayah Martapura tidak mengejutkan karena melihat warga yang banyak mengabaikan protokol kesehatan.

“Selain itu, pengawasan terhadap orang yang kontak dengan terkonfimasi positif covid-19 setelah dilakukan penelusuran kontak sangat lemah. Kita tidak tahu siapa yang kontak, apakah mereka melakukan karantina secara mandiri, selama ini penanganan pengawasan tidak terbuka dan cenderung abai oleh pihak terkait,” katanya.

“Di kecamatan Martapura mungkin saja akan terjadi lonjakan kasus covid-19 yang cukup tajam, mengingat penanganan terkait dampak ekonomi, sosial terhadap warga yang kontak dan terkonfirmasi positif masih saling lempar tanggung jawab antar pihak yang terkait,” timpalnya.

Jumlah kumulatif positif covid-19 di Kabupaten OKU Timur hingga Jum’at 9 Oktober 2020, sebanyak 62 orang. Sebanyak 45 orang sembuh dan 5 orang meninggal dunia. Lonjakan yang cukup signifikan kasus covid-19 terjadi dalam satu minggu terakhir. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here