Home OKU RAYA Cegah Pelanggaran, Bawaslu OKU Timur Gelar Sosialisasi Netralitas ASN, TNI, Polri dan...

Cegah Pelanggaran, Bawaslu OKU Timur Gelar Sosialisasi Netralitas ASN, TNI, Polri dan Perangkat Desa

125
0
SHARE
Sosialisasi penanganan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan Perangkat Desa pada masa pandemi Covid-19 dalam Pilkada Serentak Desember 2020, di Aula Hotel Parai Tani Martapura. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur menggelar sosialisasi penanganan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan Perangkat Desa pada masa pandemi Covid-19 dalam Pilkada Serentak Desember 2020, di Aula Hotel Parai Tani Martapura.

“Sosialisasi ini untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul terkait netralitas ASN, dasar hukum, sanksi dan kewenangan Bawaslu dalam menangani pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan ASN yang terlibat dalam politik pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten OKU Timur,” kata Ketua Bawaslu OKU Timur, Kamis (8/10/2020).

Menurut Gufron, dalam setiap perhelatan demokrasi, baik itu pemilu maupun pemilihan kepala daerah, isu tentang netralitas ASN seleksi menghiasi pembicaraan. Regulasi yang memuat aturan yang dimaksudkan sebagai rambu – rambu bagi ASN terkait dengan kontestasi politik juga lumayan banyak, mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah hingga peraturan menteri.

“Kewenangan Bawaslu dalam melakukan pengawasan ASN diatur dalam Perbawaslu. Bahkan Bawaslu RI juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Komisi Aparatus Sipil Negara terkait pengawasan netralitas ASN pada Pilkada. Jika ada temuan dan laporan terkait Netralitas ASN, Bawaslu dapat meneruskan rekomendasi dan kajian dugaan pelanggaran untuk ditindaklanjuti KASN,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Gufron, dalam tatanan normal baru demokrasi, keberhasilan Pilkada tidak sekedar diukur dari konsistensi melaksanakan regulasi dan penghormatan atas hak pilih rakyat. Jauh lebih penting lagi, Pilkada harus diselenggarakan tanpa merenggut nyawa rakyat, dalam hal ini pemilih, penyelenggara pemilu dan peserta Pilkada.

“Ditengah situasi pandemi covid-19, kita dituntut untuk beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Banyak peraturan sebagai payung hukum dalam penanganan pelanggaran Pilkada. Kami berharap, seluruh rangkaian tahapan Pilkada dapat berjalan baik dan lancar, dan pandemi Covid-19 cepat berlalu” imbuhnya.

Sementara, Staf Ahli Bupati Timur Fachrudin menegaskan, ASN pada Pemerintah Kabupaten akan menjunjung tinggi netralitas pada Pilkada OKU Timur dan berharap pilkada tidak ada kendala sukses, aman, terkendali serta tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

“Kita imbau dan tegaskan ASN harus netral, jangan menampakkan diri sehingga tidak ada ketersinggungan dari salah satu calon,” katanya.

Sosialisasi dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sumsel, 20 Camat se-OKU Timur, Kapolres OKU Timur, Kodim 0403 OKU, KPU OKU Timur, Staf Ahli Bupati, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta Anggota HPP Panwascam. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here