Home ADVERTORIAL Bupati OKU Timur Tinjau Cetak Lahan Baru dari Perkebunan Karet Jadi Sawah

Bupati OKU Timur Tinjau Cetak Lahan Baru dari Perkebunan Karet Jadi Sawah

133
0
SHARE

OKU Timur, SOR – Bupati OKU Timur Kholid Mawardi didampingi Kepala Tanaman Pangan dan Hortikultura, Sujarwanto meninjau pembukaan lahan cetak sawah baru, di Desa Adu Manis,Kecamatan Semendawai Barat, Rabu (19/8/2020).

Kholid sangat mengapresiasi langkah masyarakat Desa Adu Manis yang mengalihfungsikan lahan yang semula sebagai perkebunan karet menjadi lahan sawah baru.

“Banyak daerah lain mengalihfungsikan persawahan menjadi pemukiman. Namun di OKU Timur, khususnya desa Adu Manis justru menambah sawah baru. Ini menjadi inspirasi terhadap daerah daerah sekitarnya yang punya dataran rendah seperti ini,” ucapnya.

Lanjut Kholid, jika sudah menjadi lahan sawah, akan menjadi daya tarik melihat potensi yang ada. Setelah menjadi sawah, komoditas yang akan ditanam bergantung dengan permintaan pasar. Jika permintaanya bawang tinggi maka tanam bawah, sawah sangat cocok.

“Kalau sudah jadi sawah, apalagi ada sumber mata air dari sawah yang bisa di bor, tentu sangat bagus. Apalagi sisa sisa humus masih tinggi, namun jika dipaksa terus dengan pupuk kimia cacingnya akan mati. Tanda tanah itu subur adalah munculnya cacing tanah. Gunakanlah pupuk kandung sebagai upaya untuk meningkatkan kebutuhan tanah,” jelasnya.

Selain meninjau pembukaan lahan sawah baru, Kholid juga mengunjungi petani bawang dan melihat langsung uji coba tanam bawang merah di musim penghujan, di Desa Adu Manis, Semendawai Barat.

“Hasilnya kurang bagus jika dibandingkan dengan uji coba bawang di musim kemarau,yang bisa menghasilkan 11 ton dalam satu hektar lahan. Saya harap petani bawang saling berbagi ilmu cara budidaya bawang, agar semakin banyak petani yang tertarik membudidaya tanaman bawang merah,” harapnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here