Home OKU RAYA Bonsai Bernilai Puluhan Juta Dipamerkan di Darma Buana

Bonsai Bernilai Puluhan Juta Dipamerkan di Darma Buana

695
0
SHARE
BONSAI : Salah satu tanaman bonsai yang ditampilkan dalam pameran tanaman hias dan bonsai di Desa Darma Buana, Belitang II. (SYUPRIADI/SUARA OKU RAYA)

OKU Timur, SOR – Ratusan tanaman hias dan kerdil (bonsai) berbagai bentuk, ukuran dan jenis tersaji di Taman Wisata Pura Dalem Giri Pati, Desa Darma Buana, Belitang II. Tanaman yang ditampilkan dalam pameran bonsai dan tanaman hias yang berlangsung sepekan hingga Sabtu (17/8/2019) mayoritas bernilai tinggi hingga puluhan juta rupiah.

Ketua Panitia Pelaksana Acara, I Made Herman Susilo mengatakan, diperkirakan harga termurah untuk tanaman yang ditampilkan senilai Rp 2 juta. Untuk harga tertinggi, bisa menginjak puluhan juta rupiah.

“Harga tertinggi berkisar Rp 10-15 juta. Berbagai jenis tanaman bonsai dan hias ikut bersaing pada acara tahunan menyambut 17 Agustus, seperti bougenvile, kelapa dan jenis lainnya,” katanya, Selasa (13/8).

Lanjut Dia, acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Darma Biluana bekerjasama dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang OKU Timur itu, menampilkan sekitar 200 tanaman hias dan bonsai serta diikuti 150 peserta dari dalam dan luar daerah.

“Peserta tidak hanya dari OKU Timur saja, ada juga dari luar daerah seperti dari Kabupaten OKU, OKU Selatan dan OKI. Dan pengunjung yang datang tidak hanya menikmati tanaman hias dan bonsai, namun berbagai lomba, bazar dan saresehan tanaman hias ada di sana” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang sudah dua kali diselenggarakan tersebut diharapkan, bisa membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. Khususnya bagi generasi muda untuk mengembangkan kreatifitas seni yang bernilai ekonomi.

“Akan banyak sekali peluang usaha, seperti pembuatan pot, benih bonsai dan steger. Untuk benih bonsai saja bisa dijual dengan harga Rp 150 ribu, inikan peluang ekonomi,” tambahnya.

“Bagi pengunjung yang ingin belajar membudidayakan tanaman hias dan bonsai, bisa datang besok ke lokasi pameran akan ada sarehanan dengan narasumber dari PPBI OKU Timur,” lebih lanjut. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here