Home OKU RAYA Bernilai Ekonomis, Warga Jayapura Mulai Budidaya Pisang Cavendish

Bernilai Ekonomis, Warga Jayapura Mulai Budidaya Pisang Cavendish

201
0
SHARE
Hasil panen pisang cavendish petani Desa Pracak Jaya, Jayapura, OKU Timur. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Pisang cavendish punya segudang manfaat untuk tubuh dan biasa digunakan untuk makanan diet. Karakteristik dari pisang ini, mempunyai tinggi batang 2,5-3 m dengan warna hijau kehitaman. Daunnya berwarna hijau tua. Daging buah putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak, kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning muda halus.

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia. Di Indonesia sendiri pisang ini cukup populer, dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih.

Karena memiliki pasar potensial yang cukup besar di luar negeri dan dalam negeri, banyak pemerintah daerah mendorong para petani untuk menanam pisang cavendish.
Salah satunya Pemerintah Kabupaten OKU Timur, melalui Pemerintah Kecamatan Jayapura, terus berupaya mendorong petani setempat untuk terus membudidayakan tanaman Pisang Cavendish.

Camat Jayapura Sugiarto, pada Minggu (20/09/2020) mengungkapkan, masyarakat di Desa Pracak Jaya, sekarang sedang berupaya mengembangkan budidaya maupun perkebunan pisang cavendish. Dari segi ekonomi berkebun pisang jenis ini lebih menguntungkan bagi petani.

“Dengan memanfaatkan lahan kosong yang selama ini tidak berfungsi, masyarakat setempat mencoba keberuntungan untuk bertanam pisang cavendish. Harga pisang jenis ini cukup lumayan bagus dan diterima di pasaran. Bahkan bukan hanya di pasar kaki lima pisang ini sudah bisa menerobos pangsa pasar mall, supermarket dan mini market,” ungkapnya.

Dia menambahkan, harga pisang cavendish ditingkat petani saat pandemi Covid-19 turun menjadi Rp2000 perkilogram, sebelumnya pernah mencapai Rp 3400 perkilogram. Untuk pemasaran tidak begitu susah mengingat pedagang pengepul datang langsung ke lokasi kebun untuk membeli pisang dari petani.

“Selain buahnya, bibit pisang juga bisa dijual dengan harga Rp7000 perbatang. Tanaman pisang itukan ada tunas maupun anak ini bisa dijadikan bibit dan dijual oleh petani sehingga menambah penghasilan petani” katanya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here