Home OKU RAYA Belasan Halte di Martapura Tak Berfungsi

Belasan Halte di Martapura Tak Berfungsi

77
0
SHARE
Halte bis yang berada di depan Hutan Kota Martapura, OKU Timur dibiarkan terbengkalai. (Foto : Suaraokuraya.co.id)

OKU Timur, SOR – Belasan halte di Martapura, OKU Timur belum berfungsi secara maksimal. Bahkan terkesan terbengkalai dan sia-sia, serta terancam rusak. Pasalnya, sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini tak ada satu pun bis yang terlihat mangkal di halte yang dibangun untuk mengangkut penumpang.

Halte yang dibangun pada masa kepemimpinan Bupati Herman Deru tersebut merupakan salah satu fasilitas penunjang program Trans Marta yang diluncurkan oleh Dinas Perhubungan OKU Timur.

Salah satu warga martapura, Deli (32) mengatakan, sejak dibangun halte tersebut sempat dioperasikan untuk mengangkut penumpang memakai bis, namun tidak lama. Setelah itu tidak pernah terlihat aktivitas pengangkutan penumpang.

“Mungkin hanya uji coba pak. Sudah lama sekali halte di disini tidak difungsikan, sekarang kalau hujan halte dijadikan tempat berteduh saja,” katanya saat diwawancarai suaraokuray.co.id, Kamis (17/10).

Bahkan tak sedikit yang menyayangkan dan menilai pembangunan halte hanya untuk menghambur-hamburkan uang rakyat saja. Seperti yang diutarakan oleh Supri, menurutnya pembangunan halte terkesan kurang perencanaan dan mubazir.

“Halte kan tempat masyarakat umum menunggu angkutan bis, tapi beberapa halte di Martapura ini seperti pajangan saja. Mobil bisnya tidak ada apalagi penumpangnya, kan aneh,” ujarnya.

Sementara, menanggapi keluhan masyarakat tentang tidak berfungsinya Halte, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) OKU Timur Syafindar pada mengatakan, untuk memfungsikan halte tentu harus ada Angkot dan Angdes. Sedangkan sekarang di Martapura sudah tidak ada Angkot dan Angdes.

Karena itu kedepan dicarikan jalan keluarnya agar halte yang dibangun menggunakan dana yang berasal dari APBD OKU Timur bisa berfungsi secara maksimal. “Dananya memang dari APBD OKU Timur tapi saya tidak tahu berapa besaran dananya karena pembangunan halte bukan zaman saya,” katanya.

Selain itu kedepan ada wacana rekayasa lalu lintas sehingga halte dan terminal sudah di persiapkan bisa berfungsi. Sejauh ini terminal juga belum berfungsi karena tidak ada Angkot dan Angdes.

“Akan kita rekayasa arah rute Angkot sehingga nanti halte dan terminal benar-benar bermanfaat,” tandasnya. (ikm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here