Home OKU RAYA Bawaslu RI Sebut Temuan Pelanggaran Pilkada OKU Timur Terbanyak di Sumsel

Bawaslu RI Sebut Temuan Pelanggaran Pilkada OKU Timur Terbanyak di Sumsel

5505
0
SHARE
Anggota Bawaslu RI Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja, SH. LL.M, saat memberikan keterangan pers. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Laporan dugaan pelanggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) OKU Timur terbanyak di dibandingkan daerah di Sumsel yang juga menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan. Seluruh laporan dugaan pelanggaran masih dalam proses di Bawaslu OKU Timur.

“Kami menemukan ada 11 laporan dugaan pelanggaran dan saat masih diproses Bawaslu OKU Timur. Jumlah ini cukup banyak, tapi masih laporan,” kata Anggota Bawaslu RI Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja, SH. LL.M, saat berkunjung di Bawaslu OKU Timur pada Sabtu (12/12/2020).

Menurutnya, Bawaslu telah melakukan monitoring ke seluruh wilayah di Sumatera Selatan yang menggelar hajatan Pilkada, diantaranya OKU, KOKU Timur, OKU Selatan, Pali, Ogan Ilir, dan Musi Rawas.

“Dari hasil monitoring itu, kami melihat ada beberapa kabupaten yang tidak ditemukan banyak kendala maupun dugaan pelanggaran, diantaranya OKU, dan OKU Selatan. Karena, calon yang ikut Pilkada sedikit,” ujarnya.

Disamping temuan laporan dugaan pelanggaran Pilkada, pihaknya menemukan aplikasi Sirekap yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga, proses perhitungan perolehan suara C1 menjadi terhambat, karena proses pengumpulan data suara dilakukan secara manual. “Ada kendala sirekap down hampir di seluruh wilayah,” imbuhnya.

Dia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh penyelenggara Pilkada yang telah maksimal menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ditengah pandemi virus COVID-19.

“Situasi prokes sudah berjalan cukup baik, karena itu kita selalu himbau pasangan calon tidak menggelar kegiatan yang melibatkan orang banyak,” katanya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here