Home OKU RAYA Bawaslu OKU Timur Buka Pendaftaran 1.315 Pengawas TPS

Bawaslu OKU Timur Buka Pendaftaran 1.315 Pengawas TPS

507
0
SHARE
Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Timur Ahmad Gufron. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur membuka pendaftaran sebanyak 1.315 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur, mulai 30 September hingga 2 Oktober 2020.

“Pengumuman pendaftaran dimulai hari ini. Untuk pendaftaran, penerimaan berkas administrasi dan wawancara mulai 3-15 Oktober 2020,” kata Ketua Bawaslu OKU Timur, Ahmad Gufron ,diruang kerjanya, Rabu.

Menurutnya, Bawaslu OKU Timur sudah memberikan surat sekaligus instruksi kepada seluruh Panwascam, untuk segera mengumumkan pembentukan dan perekrutan PTPS sesuai dengan petunjuk Bawaslu Propinsi Sumsel.

“Kita sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Panwascam di 20 kecamatan untuk mengumumkan pendaftaran PTPS. Pendaftaran bisa langsung ke sekretariat Panwascam masing masing,” ujarnya.

Gufron mengatakan, pendaftaran akan perpanjangan lagi pada 16-19 Oktober 2020, jika jumlah pendaftar kurang dari yang jumlah yang ditetapkan. Bahkan, jika pada rentang waktu itu masih dinilai kurang dari pagu yang ditetapkan, pendaftaran kan diperpanjang lagi pada 20-26 Oktober 2020.

Setelah itu, pengumuman hasil seleksi calon Pengawas TPS akan diumumkan pada 28 Oktober 2020. Selanjutnya, pada 4-6 November 2020, Panwascam akan melakukan klarifikasi atas tanggapan masyarakat dan pemerintah penetapan Pengawas TPS terpilih.

“Masyarakat bisa berperan aktif dalam rekruitment pengawas TPS, dengan menyampaikan tanggapan terhadap calon pengawas TPS kepada Bawaslu pada 28 Oktober hingga 3 November 2020. Baru setelah itu pada 11 Novwrm 2020, akan diumumkan pangawas TPS yang terpilih,” jelasnya.

Ia berharap, Panwascam dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga perekrutan calon PTPS memiliki kemampuan dan profesionalitas untuk mengawal jalannya pesta demokrasi di OKU Timur.

“Seluruh jajaran Panwascam untuk menjaga integritas dalam bekerja. Kepada masyarakat OKU Timur yang memenuhi persyaratan untuk bisa mendaftar sebagai Pengawas TPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,” harapnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here