Home OKU RAYA APS Calon Bertebaran di Masa Kampanye, Pol PP Terkesan Cuek

APS Calon Bertebaran di Masa Kampanye, Pol PP Terkesan Cuek

112
0
SHARE
Alat Peraga Sosialisasi calon bupati dan wakil bupati masih bertebaran di beberapa titik wilayah Kabupaten OKU Timur. *Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Jelang pelaksanaan tahapan kampanye pada 26 September hingga 5 Desember 2020, sejumlah Alat Peraga Sosialisasi (APS) milik pasangan calon bupati dan wakil bupati OKU Timur 2020 masih bertebaran di beberapa titik di wilayah Kabupaten OKU Timur.

APS biasanya dipasang sebelum memasuki masa kampanye oleh bakal pasangan yalon uang belum ditetapkan oleh KPU, termasuk reklame dan bukan menjadi domain dari penyelenggara pemilu. Sebagai salah satu alat sosialisasi, APS digunakan oleh bakal pasangan calon untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas.

Menurut Ketua Bawaslu OKU Timur, Ahmad Gufron, secara legalitas formal, pengawas pemilu diberbagai tingkat belum bisa melakukan tindakan apapun terhadap Alat Peraga Sosialisasi. Pihaknya hanya membuat imbauan kepada pasang calon dan rekomendasi penurunan kepada pemerintah kabupaten melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kami sudah memberikan surat imbauan kepada pasangan calon untuk menurunkan APS secara mandiri. Dan surat rekomendasi juga sudah disampaikan kepada pemerintah kabupaten melalui Satpol PP meminta menurunkan APS calon. Namun hingga saat ini, belum juga APS yang ditertibkan,” katanya, Selasa (16/10/2020).

Lanjut Gufron, yang berhak menertibkan APS bukan Bawaslu dan Panwascam namun Satpol PP yang harus menertibkan. APS yang perlu diturunkan adalah APS berupa baliho, spanduk, stiker, dan bener. Karena sudah memasuki tahapan kampanye, maka semuanya itu wajib ditertibkan.

“Surat rekomendasi sudah kami sampaikan, namun hingga saat ini belum ada kordinasi dan komunikasi dari Satpol PP kepada Bawaslu untuk melakukan penertiban APS. Bukan kami tidak berani menertibkan, tapi kami memerlukan kesiapan dari pihak Satpol PP untuk pendampingan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Satpol PP OKU Timur, Vikron mengatakan, pihaknya masih menunggu kordinasi dari Bawaslu OKU Timur untuk melakukan penertiban APS. “Surat dari Bawaslu sudah kami terima, tinggal menunggu koordinasi dari Bawaslu,” katanya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here