Home Uncategorized 788 Pemilih Pemula Penuhi Syarat dan 28 Rumah Tidak Dicoklit

788 Pemilih Pemula Penuhi Syarat dan 28 Rumah Tidak Dicoklit

118
0
SHARE
Bawaslu OKU Timur saat melakukan monitoring pengawasan coklit beberapa waktu lalu. (Foto : Dok. Suaraokuraya.com)

OKU Timur, SOR – Sebanyak 788 pemilih pemula akan ikut berpartisipasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur pada 9 Desember mendatang. Jumlah pemilih pemula tersebut, berdasarkan hasil pengawasan coklit oleh Pengawas Kelurahan Desa.

Pemilih pemula yang dimaksudkan adalah pemilih yang berusia yang pada hari pemilihan sudah genap berusia 17 tahun atau lebih. Pernah atau sudah menikah dan mempunyai hak pilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan undang-undang pemilu.

Anggota Bawaslu OKU Timur, Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga, Beni Tenagus mengatakan, dari hasil pengawasan coklit yang dilakukan ditemukan sebanyak 788 pemilih pemula yang akan ikut menggunakan hak pilihnya.

“Selain itu, terdapat 23 rumah yang tidak di coklit oleh petugas PPDP dan 15 rumah tidak ditempel stiker namun sudah dicoklit. Hasil temuan itu sudah kami sampaikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan melalui Panwascam,” katanya, Kamis (20/8/2020).

Bawaslu dalam melakukan pengawasan proses Coklit dan pengambilan sampling dilakukan setelah adanya koordinasi dengan PPDP oleh Pengawas Kelurahan Desa terhadap rumah atau wilayah dalam 1 TPS yang sudah dilakukan coklit oleh PPDP.

“Pengawasan selama tahapan coklit ini sebagai bentuk tanggung jawab terhadap publik sehingga harus disampaikan ke publik,” jelasnya.

Menurutnya, Bawaslu memiliki data sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tugas pengawasan sebagai tupoksi serta amanah dari UU Pemilu sebagai lembaga Pengawas. Seperti adanya rumah yang belum dicoklit itu benar temuan di lapangan.

“Saat ini, seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan Desa se-Kabupaten OKU Timur sedang mencermati satu per satu nama pemilih yang didapatkan untuk disandingkan dengan data pemilih KPU untuk melengkapi hasil pengawasan yang telah dilakukan sebelumnya,” pungkasnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here