Home OKU RAYA 3.500 Nakes di OKU Timur Akan Disuntik Vaksin Covid-19, Bupati Kholid Siap...

3.500 Nakes di OKU Timur Akan Disuntik Vaksin Covid-19, Bupati Kholid Siap Ikut Divaksin

1014
0
SHARE
Foto : Bupati OKU Timur Kholid Mawardi. *Doc Suaraokuraya/

OKU Timur, SOR – Kabupaten OKU Timur mendapat jatah tahap pertama penyaluran vaksin Covid-19 sebanyak 7000 vaksin Dari jumlah itu, diprioritaskan pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang bekerja dilayanan kesehatan.

“Untuk sementara ini, info yg kami terima baru dan data yang ada di bidang SDK untuk nakes, untuk tahap pertama berkisar 7000 dosis karena sasaran kita 3500 orang. Masing masing mendapat duo dosis vaksin,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Timur, Yakub, Kamis (7/1/2021).

Yakub yang juga menjabat Juru Bicara Gugus Tugas Penangana Covid-19 OKU Timur mengatakan, kebutuhan vaksin Covid-19 untuk Kabupaten OKU Timur sebanyak 1007571 dosis dengan target sasaran 457987 orang yang direncanakan untuk semua kelompok umur 18 sampai 59 tahun.

“Tahap pertama diprioritaskan untuk nakes, sedangkan untuk masyarakat umur dan kelompok rentan seperti lansia, kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari dinas kesehatan propinsi,” katanya.

Pelaksanaan vaksin direncanakan pada 13 Januari 2021, di 22 UPT Puskesmas, dua rumah sakit pemerintah dan dua rumah sakit swasta. Saat ini Dinas Kesehatan OKU Timur masih menunggu SK. Sedangkan, untuk tenaga vaksinator kurang lebih 130 orang yang sampai saat masih menunggu jadwal pelatihan

“Tentunya semua persiapan untuk vaksinasi ini kita lakukan semaksimal mungkin. Vaksinasi akan direncanakan dilakukan di layanan fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi syarat,”

Sementara, Bupati OKU Timur Kholid Mawardi saat dikonfirmasi melalui pesan Whatapps, mengaku siap untuk ikut dalam program vaksinasi tahap pertama. Menurutnya keterlibatan tokoh masyarakat bukan yang paling penting dalam program vaksinasi. Justru yang penting diutamakan petugas kesehatan di garda depan untuk mengobati yang kena penyakit.

“Jangankan vaksin, saya pernah operasi HNP pada 2007, operasi lutut di tahun 2009. Di tahun 2020 juga operasi pasang kateter jantung. Jadi siapa takut dengan vaksin,” tegasnya. (IKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here